KREATIF: Warga memanfaatkan hasil perkebunanya untuk diolah menjadi produk yang siap dipasarkan. (Istimewa)

KREATIF: Warga memanfaatkan hasil perkebunanya untuk diolah menjadi produk yang siap dipasarkan. (Istimewa)
KREATIF: Warga memanfaatkan hasil perkebunanya untuk diolah menjadi produk yang siap dipasarkan. (Istimewa)
0 Komentar

sumedangekspres – Warga memanfaatkan hasil perkebunanya, TUMBUH SUBUR: Forkopimcam Cimanggung bersama Kepala Desa Pasirnanjung Susi Herawati saat panen sayuran program teras hijau.(istimewa)

Teras Hijau Strategi Ketahanan Pangan Warga

CIMANGGUNG-Upaya untuk menghijaukan pekarangan rumah dengan tanaman sayuran, terus sosialisiasikan dan digalakan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang melalui Program Teras Hijau.

Hal yang sama juga dilakukan Pemerintah Desa Pasirnanjung, Kecamatan Cimanggung yang kini mulai fokus untuk menggalakan program Teras Hijau, atau penanaman sayuran di seluruh pekarangan rumah penduduk di tiap RW.

Baca Juga:Seblak Kerupuk Purnama Nikmatnya Bikin NAMPOOOLIngin Jadi Mandiri Coba Resep Ini Bumbu Orek Tempe Cocok Untuk Makan Siang

Kepala Desa Pasirnanjung Susi Herawati, mengatakan teras hijau bertujuanya agar seluruh masyarakat di desanya dapat memanfaatkan lahan pekarangannya. Untuk ditanami berbagai tanaman bermanfaat yang biasa dikonsumi sehari-hari.

“Teras Hijau ini untuk menguatkan ketahanan pangan dan memanfaatkan pojok rumah. Untuk ditanami berbagai sayurang minimal bisa dikonsumsi oleh masyarakat itu sendiri,” katanya.

Warga memanfaatkan hasil perkebunanya, meski demikian kata Susi, teras hijau yang ditanam di lahan carik desa. Seluas seratus tumbak yang ditanami berbagai sayuran sudah menghasilkan. Bahkan hasilnya sudah bisa dijual di pasar tradisional oleh petani itu sendiri.

“Sayur bayam sudah bisa dipetik hasilnya dan dijual setiap hari ke pasar, karena sayuran itu bisa dipanen, setiap hari,” terangnya.

Pihak desa juga membagikan polibag (media tanam) kepada tiap RW diseluruh desanya. Selain itu para RT diberikan pemahaman oleh ahlinya, dengan mendatangkan UPTD Pertanian dan ketahanan pangan Kecamatan Cimanggung.

Sementara itu Camat Cimanggung DikDik Syeh Rizki yang hadir pada acara penyuluhan kepada masyarakat mengatakan, program teras hijau dapat dilakukan di halaman rumah. Dengam ditanam pohon jenis sayuran sebagai ketahanan pangan bagi masyarakat.

“Dengan dimanfaatkanya teras atau halaman rumah bisa jadi manfaat minimal bagi pemilik rumah itu sendiri,” tuturnya.

0 Komentar