Privilege atau Bisa Disebut Dengan Keistimewaan Bagi yang Memiliki Hafalan Al-Quran Bisa Lolos Masuk UPI

Privilege atau Bisa Disebut Dengan Keistimewaan Bagi yang Memiliki Hafalan Al-Quran Bisa Lolos Masuk UPI
Privilege atau Bisa Disebut Dengan Keistimewaan Bagi yang Memiliki Hafalan Al-Quran Bisa Lolos Masuk UPI(:pinterest.)
0 Komentar

sumedangekspres –  Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merupakan salah satu universitas bergengsi di Indonesia.

UPI dikenal dengan fokusnya pada pendidikan dan pedagogi, menawarkan berbagai program sarjana dan pascasarjana di berbagai bidang.

Didirikan pada tahun 1954, UPI memiliki reputasi yang kuat dalam menghasilkan guru dan tenaga pendidik berkualitas tinggi yang memainkan peran penting dalam pengembangan sistem pendidikan di Indonesia.

Baca Juga:Misteri Keindahan CISUMDAWU SumedangBagi Kamu yang Menyukai Suasana Gedung atau Bangunan Vintage Boleh Dicoba Wisata Solo The Heritage Palace Mirip Gedung Istana Inggris London

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) telah membuka pendaftaran untuk jalur seleksi mandiri dan Prestasi Istimewa mulai tanggal 12 Mei hingga 30 Juni 2023.

Jumlah total kuota mahasiswa baru yang akan diterima melalui jalur tersebut adalah sebanyak 2.853 orang. Seleksi Prestasi Istimewa merupakan bagian dari jalur seleksi mandiri yang memiliki proses seleksi yang berbeda.

Seleksi mandiri dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang belum lolos melalui jalur seleksi lain seperti Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) atau Tes (SNBT).

Persyaratan umum untuk pendaftaran seleksi mandiri UPI adalah lulusan SMA atau sederajat, termasuk Paket C, pada periode 2021-2023.

Selain itu, calon mahasiswa harus memiliki kesehatan fisik dan mental yang memadai untuk menunjang kelancaran belajar di program studi pilihan mereka.

Terdapat juga persyaratan khusus, misalnya kemampuan bahasa Inggris aktif untuk program studi Pendidikan IPA atau International Program on Science Education, serta kemampuan membaca Al-Qur’an bagi pendaftar program studi Ilmu Pendidikan Agama Islam.

Penilaian dalam seleksi mandiri meliputi tes psikologis bidang minat, tes potensi skolastik, tes literasi dalam bahasa Indonesia dan Inggris, serta tes penalaran matematika.

Baca Juga:Wisata Magelang Gratis Merubah Pandangan yang Tadinya Pahit Jadi ManisWisata Lembang Terbaru dan Harga Tiket Ramah DUIT Gas Ga Sih

Untuk program studi terkait olahraga dan seni, akan ada penilaian tambahan berdasarkan portofolio.

Program studi S1 Ilmu Pendidikan Agama Islam juga akan melibatkan ujian keterampilan membaca Al-Qur’an.

Pendaftaran seleksi mandiri UPI dapat dilakukan melalui laman http://app.pmb.upi.edu/sm-s1/.

Sedangkan untuk seleksi Prestasi Istimewa UPI, penilaian dilakukan berdasarkan tes kecerdasan dan motivasi berprestasi, portofolio, ujian keterampilan, dan wawancara.

Persyaratan umumnya adalah pendaftar harus memiliki karya seni, desain, atau teknologi monumental yang dapat dibuktikan dengan surat keterangan, sertifikat, atau informasi dari lembaga yang berwenang.

0 Komentar