Mekanisme Kerja Dinamis Diresmikan, Upaya Pemprov Jabar Optimalkan Digitalisasi

Mekanisme Kerja Dinamis Diresmikan, Upaya Pemprov Jabar Optimalkan Digitalisasi
Mekanisme Kerja Dinamis Diresmikan, Upaya Pemprov Jabar Optimalkan Digitalisasi(istimewa/jabarprov)
0 Komentar

sumedangekspres – Jabar Optimalkan Digitalisasi, Jawa Barat merupakan Provinsi pertama yang akan mempermanenkan Mekanisme Kerja Dinamis (MKD) Karena hasil kajiannya selama COVID-19 ada kerja PNS yang tidak bertemu dengan masyarakat bisa diselesaikan tanpa harus ke kantor.

Keuntungannya, MKD juga bisa mengurangi stres dan mengurangi biaya atau anggaran yang sebenarnya tidak perlu dibelanjakan pada saat kerjanya terpenuhi tanpa harus ke kantor.

“Jadi masyarakat tetap akan menjalankan pelayanan seperti biasanya maksimal dari Pemprov Jabar. Contohnya, PNS yang kerjanya ngonsep, PNS yang kerjanya bikin pidato gubernur, kerjanya cap administrasi yang biasa approved (berkas) secara online. Pokoknya enggak ada hubungan dengan interaksi fisik. Dan ini akan sangat bagus, karena tadi ini mengurangi stres, mengurangi biaya, dan menghemat resorsis dan lain-lain,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Senin (19/6/2023).

Baca Juga:Mahad Al Zaytun Memiliki Syahadat yang Berbeda? Simak Penjelasannya di Sini3 Puasa Sunnah Sebelum Idul Adha : Waktu, Niat dan Keutamaan

Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil— mengatakan, kebijakan ini berlaku untuk semua eselon, tapi hanya diberikan kepada PNS berprestasi. Kalau ada histori PNS-nya pemalas, jarang datang, otomatis diberi kemudahan itu. “Nanti formatnya ada 3-2, yaitu 3 di anywhere, 2 di kantor, ada yang 4-1, ada yang 1-4, tergantung track record.” ucapnya.

Menurut Kang Emil, MKD ini sudah dijalankan sejak minggu ini.

“Sudah dilaksanakan. Ini adalah contoh bahwa Pemprov Jabar selalu beradaptasi terhadap perkembangan zaman, perkembangan teknologi dengan mengubah tanpa menghilangkan tujuan. Tujuannya tetap sama, pelayanan publik prima, kerja produktif 100 persen,” ujarnya.

Kang Emil mengatakan, kebijakan ini memang diinsiasi oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN). Soal jam kerjanya sama dengan kerja pada umumnya ketika di kantor. “Durasai kerjanya sama, kan ada sistemnya,” katanya.

Jabar Optimalkan Digitalisasi, ,menurut Kang Emil ada sebuah data, bukan di Jawa Barat tapi data dunia. Bahwa ada rata-rata 32 hari orang itu sebenarnya tidak melakukan pekerjaan, karena stres. Dia datang, dia bekerja tapi karena tidak banyak bergerak mengakibatkan produktivitas, konsentrasi turun, kalau dihitung itu kehilangan produktivitas sampai 32 hari.

0 Komentar