Tol Cisumdawu Kelar! Waktu Tempuh Cileunyi-Dawuan Kurang dari 1 Jam!!

Tol Cisumdawu Kelar! Waktu Tempuh Cileunyi-Dawuan Kurang dari 1 Jam!!
Tol Cisumdawu Kelar! Waktu Tempuh Cileunyi-Dawuan Kurang dari 1 Jam!! (Foto: BPJT)
0 Komentar

sumedangekspres – Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) dipastikan bisa mulai beroperasi sepenuhnya mulai dari Seksi 1 hingga Seksi 6 pada 2023.

Hal tersebut disampaikan jajaran PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP), selaku pihak yang melakukan pembangunan Tol ini.

Direktur Operasional CMNP, Djoko Sapto, mengatakan bahwa proyek Tol Cisumdawu telah mencapai kemajuan yang signifikan meskipun menghadapi kendala seperti kondisi alam dan pengadaan tanah.

Baca Juga:Ternyata Harga OPPO A16 ini Gak Sampai Rp 2 Juta! Cek Sendiri Kalo Berani!Rekomendasi Live Action Anime Terbaik 2023 yang Wajibkan Ditonton!

“Pada tahun 2023, Jalan Tol Cisumdawu akan beroperasi secara penuh mulai dari Seksi 1 yang terhubung dengan jalan tol Purbaleunyi, hingga Seksi 6 yang terhubung dengan jalan tol Cipali,” kata Djoko, dikutip dari TibunJabar, Senin, 19 Juni 2023.

Djoko juga mengatakan bahwa Seksi 1 Jalan Tol ini telah resmi beroperasi pada 24 Januari 2022, diikuti oleh pembukaan fungsional Seksi 2 dan Seksi 3 pada 15 Desember 2022, dan penerapan tarif pada 28 Februari 2023.

Jalan Tol ini sendiri sudah terhubung dari Cileunyi sampai Kertajati pada Juni 2023, dan hanya perlu menyelesaikan beberapa pekerjaan seperti marka jalan dan guardrail.

Panjang total jalan tol ini akan bertambah menjadi 62 kilometer setelah sepenuhnya tersambung.

Dengan kecepatan 80 km per jam, diperkirakan waktu tempuh di jalan tol yang menghubungkan Cileunyi-Sumedang-Dawuan ini akan kurang dari 1 jam.

Sementara itu, Direktur Jalan Bebas Hambatan Dirjen Bina Marga, Triono Junoasmono, menyatakan bahwa pada tanggal 15 Juni 2023, semua ruas jalan tol Cisumdawu akan mulai tersambung. Pekerjaan fisiknya diharapkan selesai pada tanggal 12 Juni 2023.

Tol ini siap beroperasi dan diresmikan secara keseluruhan pada bulan Juni ini,” jelas Triono pada Jumat (9/6/2023) lalu.

Baca Juga:Jadwal Lengap MotoGP Jerman 2023, Buruan Cek Sekarang!Lirik NCT DREAM – Broken Melodies Lengkap (Romanisasi, Hangul, dan Terjemahan)

Sebagai informasi, Tol ini terdiri dari 6 seksi. Seksi 1, yaitu Cileunyi – Pamulihan sepanjang 11,45 kilometer, telah beroperasi sejak Januari 2022.

Seksi 2, yaitu Pamulihan – Sumedang sepanjang 17,05 kilometer, dan Seksi 3, yaitu Sumedang – Cimalaka sepanjang 4,05 kilometer, telah beroperasi sejak Desember 2022.

Secara keseluruhan, investasi yang ditanamkan pada pembangunan Tol ini mencapai angka Rp 5,5 triliun.

Meskipun ruas jalan tol ini sudah terhubung sepenuhnya, beberapa pekerjaan lainnya masih berlangsung, seperti penataan lahan dan penghijauan di sekitar jalan tol.

0 Komentar