Segini Tarif Tol Cisumdawu Terbaru, Harus Tahu Sebelum Dibuka Seluruhnya

Segini Tarif Tol Cisumdawu Terbaru, Harus Tahu Sebelum Dibuka Seluruhnya
Tarif Tol Cisumdawu Terbaru
0 Komentar

sumedangekspres – Segini tarif Tol Cisumdawu terbaru, harus tahu sebelum dibuka seluruhnya.

Tampaknya Tol Cisumdawu dari Cileunyi hingga Dawuan akan segera beroperasi dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Kementerian PUPR menargetkan proyek Tol Cisumdawu akan selesai pada tanggal 15 Juni 2023.

Baca Juga:TELAT LAGI! Tol Cisumdawu Ditargetkan Dibuka Seluruhnya Pada 15 Juni Namun Belum Selesai Juga Sampai SekarangMESRA BANGET, Ini Isi Chat Syahnaz Sadiqah yang Diduga Selingkuh Dengan Rendy Kjaernett

Hal ini menandakan bahwa pembukaan Tol Cisumdawu secara keseluruhan hanya tinggal beberapa hari lagi.

Sebelumnya dilaporkan bahwa Kementerian PUPR telah memastikan bahwa pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4 hingga Seksi 6 (Cimalaka-Dawuan) dengan total panjang 29,3 km akan selesai pada pertengahan Juni 2023.

Dengan demikian, Jalan Tol Cisumdawu dengan total panjang 62 km akan dapat beroperasi secara penuh.

Seksi 4-6 Tol Cisumdawu sebenarnya sudah dibuka secara fungsional pada masa mudik Lebaran 2023 sebelumnya.

“Sebagian besar Seksi 4 hingga 6 hampir selesai, hanya ada beberapa titik yang sedang dalam proses penyelesaian pada parapet dan aspalnya. Kami menargetkan selesainya semua pada tanggal 15 Juni, tetapi kami berusaha agar secara fisik dapat diselesaikan lebih cepat pada tanggal 12 Juni,” kata Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga, Triono Junoasmono, saat Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI ke Tol Cisumdawu pada Jumat, 9 Juni 2023.

“Sehingga Tol Cisumdawu akan siap dioperasikan dan diresmikan secara keseluruhan pada bulan Juni ini,” tambahnya.

Triono menambahkan bahwa pekerjaan penghijauan dan penataan lanskap akan dilakukan seiring dengan berjalannya operasional Tol Cisumdawu.

Baca Juga:Target Kinerja Tercapai Jadi Salah Satu Syarat ASN Jabar Dapatkan Mekanisme Kerja DinamisMekanisme Kerja Dinamis Diresmikan, Upaya Pemprov Jabar Optimalkan Digitalisasi

“Sesuai dengan arahan Menteri, kami akan menambahkan penghijauan di lereng dan bahu jalan. Kami telah memulai penataan lanskap di Seksi 4 dan akan melakukan hal yang sama di seksi lainnya,” ujar Triono.

Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan biaya konstruksi sebesar Rp5,5 triliun.

Seksi 1-2 dikerjakan oleh Pemerintah melalui APBN sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) untuk meningkatkan kelayakan investasi tol tersebut.

Sementara itu, Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

0 Komentar