Jangan Terlewat! Inilah Jadwal, Niat, dan Keutamaan Puasa Sunnah Jelang Idul Adha: Tarwiyah dan Arafah

Jadwal, Niat, dan Keutamaan Puasa Sunnah Jelang Idul Adha: Tarwiyah dan Arafah
Jadwal, Niat, dan Keutamaan Puasa Sunnah Jelang Idul Adha: Tarwiyah dan Arafah (iStock: Getty Images)
0 Komentar

sumedangekspres – Sebagai muslim tentunya kita perlu mengetahui jadwal puasa tarwiyah dan arafah sesuai aturan dalam Islam sebelum menunaikan ibadah puasa sunnah jelang Hari Raya Idul Adha.

Dikutip dari Nahdlatul Ulama (NU), puasa tarwiyah adalah puasa sunnah yang dikerjakan pada 8 Dzulhijah. Sedangkan puasa arafah adalah puasa sunnah yang dikerjakan pada 9 Dzulhijah.

Hari Raya Idul Adha jatuh pada 10 Dzulhijah, artinya puasa tarwiyah dikerjakan dua hari sebelum Idul Adha dan puasa arafah dikerjakan sehari sebelum Idul Adha.

Baca Juga:Terindikasi LGBT, Dua Oknum Dosen UNP (Universitas Negeri Padang) DipecatArti Mimpi Istri Selingkuh, Pertanda Ketidakpuasan dalam Hubungan?

Pada tahun ini, pemerintah sudah menetapkan peringatan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah pada Kamis, 29 Juni 2023.

Keputusan ini tertuang dalam Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil dan Reformasi Birokrasi Nomor 327 Tahun 2023, Nomor 1 Tahun 2023, dan Nomor 1 Tahun 2023.

SKB tersebut memuat Perubahan SKB Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil dan Reformasi Birokrasi Nomor 166 Tahun 2022, Nomor 3 Tahun 2022, dan Nomor 3 Tahun 2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023.

Begitu juga dengan Pimpinan Pusat Muhammadiyah sesuai keterangan resminya, yakni Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023.

Jadwal Puasa Tarwiyah dan Arafah 2023

Dengan mengikuti keputusan tersebut, maka jadwal pelaksanaan puasa tarwiyah dan arafah 2023 sebagai berikut.

1. Puasa Tarwiyah dan Arafah menurut pemerintah

Puasa tarwiyah: Selasa, 27 Juni 2023
Puasa arafah: Rabu, 28 Juni 2023

2. Puasa Tarwiyah dan Arafah menurut Muhammadiyah

Puasa tarwiyah: Senin, 26 Juni 2023
Puasa arafah: Selasa, 27 Juni 2023

Keutamaan puasa tarwiyah: Keutamaan puasa tarwiyah adalah dapat menghapus dosa yang diperbuat selama satu tahun.

Keutamaan puasa arafah: Keutamaan puasa arafah adalah dapat menghapus dosa yang diperbuat selama dua tahun.

Baca Juga:Sama-sama Korban Selingkuh, Suami Syahnaz Sadiqah Dijodohkan dengan Inara Rusli, Netizen: Cocok Bgt10 Best Hayley Atwell Movies And TV Shows

Selain keutamaan tersebut, puasa tarwiyah dan arafah yang merupakan ibadah di awal bulan Dzulhijah dan perbuatan baik yang disukai Allah seperti tertuang dalam hadits riwayat Bukhari sebagai berikut.

0 Komentar