Terowongan Kembar Pertama Indonesia Dimiliki Oleh Tol Cisumdawu

Terowongan Kembar Pertama Indonesia Dimiliki Oleh Tol Cisumdawu
Terowongan Kembar Pertama Indonesia Dimiliki Oleh Tol Cisumdawu(Kementerian PUPR)
0 Komentar

sumedangekspres – Dimiliki Oleh Tol Cisumdawu, jalan tol adalah jalan yang dapat dilalui oleh kendaraan roda empat atau lebih saja, jalan jenis ini mampu menghubungkan antar Kota dan Provinsi sehingga perjalanan menjadi lebih cepat dan nyaman. Namun, sekarang tidak sedikit jalan tol yang dibuat dengan jarak pendek untuk memperlancar arus lalu lintas dalam Kota. Contohnya jalan tol Cisumdawu, jalan tol satu ini menghubungkan beberapa Kota yang jarak tempuhnya lumayan cukup pendek.

Dengan adanya jalan tol Cisumdawu ini tidak sedikit orang yang terbantu, karena jarak tempuh antar kota di Jawa Barat menjadi lebih cepat dan dapat mempersingkat waktu perjalanan juga. Selain keunggulan dari perjalanan yang lebih cepat dan nyaman ternyata jalan tol Cisumdawu memiliki keunikan tersendiri lho!

Iya, terowongan kembar menjadi salah satu keidentikannya. Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) merupakan jalan tol pertama di Indonesia yang memiliki terowongan terpanjang, yang bukan satu tetapi dua terowongan sekaligus.

Baca Juga:Lebih Murah? Ini Cara Mudah Top Up ML Pakai Pulsa TelkomselSiapa Cepat Dia Dapat, Promo Top Up ML 169 Diamond Hanya 20 Ribuan!

Terowongan kembar ini terletak di seksi 2 jalan tol, yang dibangun sepanjang 472 meter dengan diameter 14 meter. Situs resmi Kementerian PUPR Bina Marga menyebutkan, terowongan yang menembus bukit tersebut menggunakan teknologi New Austrian Tunneling Methods (NATDM).

Selain itu, pembangunan Terowongan Tol Cisumdawu menggunakan metode three-bench seven-step yang dapat menstabilkan kepala terowongan tanpa penyangga tambahan. Selanjutnya, terowongan ditutup dengan lapisan shotcrete untuk meningkatkan kohesi internal massa batuan, memperkuat pendukung penggalian dan bertindak sebagai lapisan sementara hingga terakhir. Pembangunan terowongan menelan biaya Rp 890 miliar selama 1,5 tahun.

Itulah informasi singkat mengenai terowongan kembar yang Dimiliki Oleh Tol Cisumdawu dan menjadi terowongan terpanjang di Indonesia.

(PKL/Mutiara Julianti)

0 Komentar