Kabar Tol Cisumdawu Terkini Target Beroprasi Penuh Membali Meleset, Jadi Kapan?

Kabar Tol Cisumdawu Terkini Target Beroprasi Penuh Membali Meleset, Jadi Kapan?
Tol Cisumdawu Terkini
0 Komentar

sumedangekspres – Kabar Tol Cisumdawu Terkini Target Beroprasi Penuh Kapan? Tol Cisumdawu merupakan salah satu proyek infrastruktur yang paling dinantikan di Indonesia.

Jalan tol ini menghubungkan wilayah Cileunyi Jawa Barat dengan Sumedang, Dawuan dan Bandung Jawa Barat. Proyek Jalan Tol Cisumdawu bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antar kota-kota tersebut, mengurangi kemacetan dan mempercepat perjalanan.

Namun, target operasional  sepenuhnya proyek jalan tol Cisumdawu masih tertunda. Direncanakan proyek ini akan beroperasi penuh pada awal bulan Juli. Namun, beberapa faktor menunda penyelesaian pekerjaan konstruksi.

Baca Juga:McD Sumedang Dekat Gerbang Masuk Tol Cisumdawu McDonald’s Sumedang Bisa Drive Thru Isi Perut di PerjalananHotel Gunung Geulis di Royal Tulip Gunung Geulis Resort and Golf Bikin Tambah Haermonis Auto Makin Disayang Ayang Setelah Staycation

Sebelumnya dilansir dari halaman PUPR, Kementerian PUPR memastikan pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4 – Seksi 6 ( Cimalaka-Dawuan ) sepanjang 29,3 km akan rampung pada pertengahan Juni 2023.

PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) menyatakan masih menunggu hasil Uji Fungsional (ULF) dari Kementerian PUPR.

Terungkap, PT CKJT saat ini masih menunggu hasil uji operasional yang dilakukan pada awal Juni tahun lalu.

“Mohon doanya semoga hasil ULF Tol Cisumdawu diterima dan kami selaku BUJT dapat segera membuka Tol Cisumdawu Tol Ujungjaya,” tulis PT CKJT dalam keterangannya.

Sebelumnya Jusuf Hamka, Direktur Utama PT Citra Karya Jabar Toli (CKJT), selaku pengelola Tol Cisumdawu Seksi 3-6, mengemukakan waktu operasional yang tepat adalah Juli.

Menurutnya, akan lebih ideal jika pengoperasian tol Cisumdaw dilakukan pada awal atau pertengahan Juli.

Tol Cisumdaw menyediakan akses cepat ke Bandara Kertajat. Berkendara dari Cileunyi ke Kertaja hanya membutuhkan waktu 1 jam dibandingkan dengan 3-4 jam di jalan biasa.

Baca Juga:Mie Setan di Sumedang Paling Enak Nampol Cuy yang Suka Mie Gacoan Sumedang Wajib CobaMenghangatkan Diri di Hotel Oyo Bogor Grand Suites Palace Tempat Staycation Bareng Ayang, Harganya Selalu Promo Dibawah 100k

Teknologi EPS Geofoam, bahan ringan yang mampu menahan longsor melalui tanah yang tidak stabil, juga diperkenalkan di jalan tol ini.

Ridwan Kamil mengatakan pemerintah berkomitmen untuk pemerataan pembangunan melalui konektivitas kawasan, termasuk pengenalan jalan tol.

Sejauh ini, belum ada tanggal pasti kapan tol Cisumdawu beroperasi penuh. Pemerintah dan pemangku kepentingan akan terus bekerja untuk menyelesaikan proyek ini secepat mungkin.

Meski mengalami penundaan, penting untuk diingat bahwa proyek infrastruktur besar sering menghadapi tantangan dan penundaan yang tidak terduga.

0 Komentar