Terganjal Masalah Pembebasan Lahan, Proyek Tol Cisumdawu Baru Rampung setelah 12 Tahun Berlalu

Terganjal Masalah Pembebasan lahan, Proyek Tol Cisumdawu Baru Rampung Setelah 12 Tahun Berlalu (foto: tangkap layar YouTube Sekretariat Presiden)
Terganjal Masalah Pembebasan lahan, Proyek Tol Cisumdawu Baru Rampung Setelah 12 Tahun Berlalu (foto: tangkap layar YouTube Sekretariat Presiden)
0 Komentar

Terganjal Masalah Pembebasan Lahan, Proyek Tol Cisumdawu Baru Rampung setelah 12 Tahun Berlalu

sumedangeksprers – Presiden Joko Widodo meresmikan operasional Jalan Tol Cisumdawu, Selasa (11/7).

Lokasi peresmian dilakukan di area terowongan kembar yang bertepatan di daerah Kecamatan Rancakalong.

“Alhamdulillah, pada hari ini, Jalan Tol Cisumdawu, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan sudah selesai dan segera siap untuk dioperasikan,” kata Presiden Joko Widodo dalam sambutannya.

Baca Juga:Pasar Banjaran akhirnya DibongkarBiadab, Pak Tua di Sumedang Gauli Ponakan yang Sudah Yatim, Korban Dijanjikan Akan Ditanggung Kebutuhan Hidupnya

Kata presiden, jalan tol tersebut menghubungkan Kota Bandung melalui Tol Cipularang hingga Tol Cipali.

“Supaya kita semuanya tahu, Jalan Tol Cisumdawu ini sudah dimulai, dibangun pada tahun 2011. Artinya, sudah 12 tahun,” terangnya soal Tol Cisumdawu Resmi Beroperasi Secara Penuh, Jokowi: Mempermudah Konektifitas Menuju Bandara Kertajati.

Diakui presiden, panjangnya durasi pengerjaan jalan Tol Cisumdawu lantaran terkendala urusan pembebasan lahan.

“Memang banyak problem di lapangan, utamanya urusan pembebasan lahan,” katanya menegaskan.

Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 KM itu, sambung presiden, menghabiskan anggaran sebesar Rp 18,3 Triliun.

“Dari pemerintah sebesar Rp 9,07 Triliun dan sisanya dari KPBU (Kerjasama antara Pemerintah dan Badan Usaha) dari swasta,” terangnya.

Lebih jauh presiden mengatakan, dengan beroperasinya Jalan Tol Cisumdawu, sudah barang tentu akan mempermudah konektifitas menuju ke Bandara Kertajati.

Baca Juga:Tol Cisumdawu Diresmikan, Besok Cileunyi-Kertajati Beroperasi PenuhHore, Jalan Tol Cisumdawu Akan Diresmikan Presiden Jokowi, Besok

“Dulu memang ini kita kerjakan bersama-sama (berbarengan, red), agar jalan tol jadi, Bandara Kertajati juga jadi. Air Port Kertajati rampung, Jalan Tol Cisumdawu juga rampung,” katanya.

Tetapi, kata Jokowi, lantara terkendala urusan pembebasan lahan, keduanya tidak bisa dioperasikan dalam waktu yang sama.

“Air Port Kertajati Nya selesai, Jalan Tol Cisumdawu nya belum selesai, sehingga ini menganggu operasional dari Air Port Kertajati,” tandasnya soal Terganjal Masalah Pembebasan Lahan, Proyek Tol Cisumdawu Baru Rampung setelah 12 Tahun Berlalu

Presiden berharap, setelah Jalan Tol Cisumdawu beroperasi, maka akan disusul dengan pengoperasian Bandara Kertajati secara penuh pada Bulan Oktober mendatang.

“Sekarang sudah dimulai dengan penerbangan haji Embarkasi Provinsi Jawa barat dan beberapa penerbangan yang sudah masuk,” tuturnya.

Presiden berpendapat, Bandara Kertajati yang ditopang Jalan Tol Cisumdawu, merupakan bandara masa depan bangsa Indonesia.

0 Komentar