Ribuan Aduan Indikasi Kecurangan PPDB Diterima Disdik Jabar, Ridwan Kamil: 90 Persen Sudah Ditindaklanjuti

Ribuan Aduan Indikasi Kecurangan PPDB Diterima Disdik Jabar, Ridwan Kamil: 90 Persen Sudah Ditindaklanjuti
Ribuan Aduan Indikasi Kecurangan PPDB Diterima Disdik Jabar, Ridwan Kamil: 90Persen Sudah Ditindaklanjuti( istimewa/jabarprov)
0 Komentar

sumedangekspres – Aduan Indikasi Kecurangan, proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini diduga terdapat indikasi kecurangan. Gubernur Jawa Barat mengatakan, berdasarkan laporan yang diterimanya terdapat sebanyak 2.000 aduan pada PPDB 2023.

“Laporan (aduan) masuk 2000an, dan yang saya tahu ada 90 persen sudah diselaikan oleh Disdik,” ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jum’at (14/7).

Emil mengungkap, rata-rata melaporkan adanya dugaan indikasi kecurangan saat melakukan proses pendaftaran.
“Termasuk pembatalan bebera kasus yang ditemui seperti pemalsuan KK (kartu keluarga),” ungkapnya.

Baca Juga:Resep dan Cara Membuat Mochi Bites Nikmatnya Gigitan Lezat Berbalut Toping ManisHyundai Ioniq 5 Mengemudi ke Masa Depan dengan Mobilitas Listrik Pertama Indonesia

Karenanya, hal tersebut akan dijadikan bahan evaluasi termasuk di Disdik Jabar.

“Sehingga ini akan menjadi evaluasi. Tapi ini (kecurangan PPDB) tidak terjadi hanya di Jabar tapi, seluruh Indonesia juga ada,” katanya.

“Tapi tim pengaduan kita (Jabar) sudah responsif. laporan dari Disdik lebih dari 90 persen pengaduan sudah ditindaklanjuti,” tutup Emil.

Aduan Indikasi Kecurangan, pemprov Jabar melalui Disdik telah melaksanakan proses Penerimaan PPDB tahap 2 dengan menggunakan sistem zonasi.

Dengam menggunakan sistem tersebut, Disdik Jabar juga telah mengumumkan hasilnya pada Senin, 10 Juli 2023.

Dari hasil pengumuman tersebut, Sekertaris Disdik Jabar Yesa Sarwendi Menyebut ada sekitar 125.117 calon siswa yang dinyatakan lolso dari jumlah pendaftar sebanyak 200.841 orang.

 

0 Komentar