Manfaat MPLS Bagi Siswa Baru

MPLS di SMP PGRI Parakanmuncang, Selasa (19/7).
MPLS di SMP PGRI Parakanmuncang, Selasa (19/7).
0 Komentar

sumedangekspres- Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan program tahunan yang diadakan hampir di setiap sekolah. Baik di jenjang sekolah dasar (SD), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Kegiatan MPLS bertujuan mengenalkan siswa baru kepada sesama temanya, mengenal karakter sekolah, baik dari sarana para sarana, tata tertib, hingga kegiatan ektrakuliluler di sekolah.

Sebagai calon peserta didik baru, mengenal profil sekolah menjadi hal yang cukup peting. Karena dengan mengikuti kegiatan ini, calon siswa dapat mempersiapakan diri untuk berperstasi. Sekolah dapat memfariasikan kegiatan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik lingkungan sekolahnya.

Berikut Manfaat MPLS Bagi Calon Siswa Baru:

1. Mengenal sesama temanya

Sebelum memulai kegaitan pembelajaran, agar antar siswa saling menjalin pertemanan, siswa dapat saling mengenal satu sama lain. Hal ini untuk membentuk siswa yang kompak dan menjalin tali persaudaraan yang erat antar siswa.

2. Mengenal kaka kelas

Baca Juga:Pengendara Motor Tewas Tragis Dalam Kecelakaan Berdayakan Petmil, Ridwan Kamil Apresiasi Pasar Leuweung Dishut Jabar

Selain mengenal sesama siswa sebaya, atau seangkatan, calon peserta didik baru dapat mengenal kaka kelas yang berada di skolahnya.

3. Mengenal lingkungan sekolah

Setiap sekolah memiliki lingkungan yang berbeda, termasuk sarana atau fasilitasi pembelajaran yang disediakan. Sebagai calon peserta didik baru, mengenal sarana menjadi hal yang cukup penting, karena dengan begitu dia dapat menuangkan kreatifitas melalui pemanfaatan sarana yang dimiliki sekolah.

4. Mengenal sistem pembelajaran

sistem adalah segala sesuatu yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Tentu di skolah juga terdapat sistem, salah satunya sistem belajar, seperti jam belajar dan peratuaran lainnya.

5. Mengetahui tata tertib sekolah

Setiap lembaga memiliki tata tertib atau aturan masing-masing. Terlebih di lembaga pendidikan, atauran yang diberlakukan berkaitan dengan tatak rama, norma dan budaya masyarakat di sekitar lingkungan sekolah.

itu tadi mengenai Manfaat MPLS Bagi Calon Siswa Baru, semoga bermanfaat!

0 Komentar