Menjelajahi Jalur Hiking dan Trekking di Ketinggian 1684 Mdpl Sumedang, Yuk Eksplorasi Bareng Bestie

Gunung Tampomas
Gunung Tampomas(ceritapendaki.com
0 Komentar

sumedangekspres– Ketinggian 1684 Mdpl Sumedang, Sumedang dikelilingi oleh pegunungan jadi gak akan heran banyak orang untuk mencoba mendaki, menjadi salah satu dari sekian banyak gunung di Jawa Barat yang harus kamu coba. Jalurnyanya memang menyenangkan, ditambah dengan pemandangan alam yang sangat mengesankan. Salah satu trek yang harus kamu coba adalah Via Cibeureum.

Gunung Tampomas, menjadi salah satu keindahan yang tidak bisa kamu lewatkan. Satu hal yang harus kamu perhatikan adalah sampah yang kamu bawa. Jangan lupa untuk kamu bawa lagi ke bawah agar Gunung Tampomas tetap bersih dan menarik tanpa adanya sampah sedikit pun.

Dari jalur ini, kamu bisa menempuh jaraka 4 jam sampai 8 jam. Waktu yang hampir sama bila kamu mendaki Gunung merbabu. Hanya saja, di merbabu ketinggiannya bisa mencapai 2000 mdpl lebih. Dengan kata lain, jalanan Tampomas menjadi salah satu trek yang bagus untuk pendaki pemula seperti kamu.

Menuju Ke Basecamp Ciebeureum

Baca Juga:Menyaksikan Upacara Adat dan Seni Tari Tradisional di Sumedang.Gunung Kareumbi Sumedang, Menguji Adrenali Berpetualang di Rumah Macan Kumbang

Menuju ke Basecamp Cibeureum tidaklah sulit. Kamu bisa menggunakan kereta api dan turun di stasiun Rancaekek. Kemudian, lebih disarankan menggunakan carter mobil menuju ke Pos Ciebeureum. Untuk harga simaksinya sendiri hanya 5 ribu rupiah saja per pendaki. Di tambah lagi dengan uang parkir 5 ribu rupiah per kendaraan.

Setelah mengisi data para pendaki, kamu bisa memulai pendakian menuju ke atas. salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah kebutuhan logistik berupa makanan dan minuman yang ada. Apalagi, bagi kamu yang ingin menginap dan menikmati malam di Tampomas.

Jalur Pendakian

Perjalanan pertama kamu bisa menikmati jalur penambangan pasir Cibeureum dengan menggunakan ojek yang sudah disediakan di pos ini. Karena, kalau kamu jalan kaki, waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1 jam. Jadi, untuk menghemat tenaga, lebih disarankan untuk menggunakan ojek ini dengan harga 20 ribu rupiah bila menggunakan ojek. Tetapi, untuk pickup kamu harus membayar 200 ribu rupiah.

Perjalanan dilanjutkan masuk hutan dengan waktu hanya 30 menit saja kamu sudah bisa masuk ke pos 1. Setelah melewati pos 1, kamu akan disuguhkan dengan jalur yang cukup menanjak. Menuju ke pos 2, kamu akan disuguhkan dengan jalur yang lebih menyenangkan.

0 Komentar