Pesona dan Keunikan Kampung Adat di Sumedang, Rumah Adat yang Masih Dilestarikan

Keunikan Kampung adat di Sumedang
Keunikan Kampung adat di Sumedang(dearchitectblog.wordpress.com
0 Komentar

Menurut penuturan Kades saat itu, kata dia, kampung adat Sempurmayung jadi perkampungan wisata lantaran keberadaannya berdekatan dengan petilasan Prabu Tajimalela yang sering dikunjungi oleh para peziarah.

Kuwu saat itu bahkan berpesan bahwa kalau bisa bentuk bangunannya dipertahankan, kalau pun mau dibangun sebaiknya bagian belakangnya saja, jadi para wisatawan yang datang bisa singgah dulu ke sini dan hasil bumi warga sedikit-sedikit bisa dijual, konsepnya seperti Kampung Naga.

Namun, diakuinya, pada saat itu, masyarakat belum berpikir sampai ke arah sana termasuk dengan dirinya. Hal itu mengingat akses jalan saat itu masih terbatas sementara kondisi perkampungan Sempurmayung sendiri menjadi perkampungan yang terpencil.

Baca Juga:Menjelajahi Jalur Hiking dan Trekking di Ketinggian 1684 Mdpl Sumedang, Yuk Eksplorasi Bareng BestieMenyaksikan Upacara Adat dan Seni Tari Tradisional di Sumedang.

Warga pun saat itu beberapa diantaranya banyak yang mengubah bentuk bangunan dengan alasan yang beragam. Bahkan beberapa diantaranya ada yang mengubahnya secara total.

Namun belakangan atau pada sekitaran 2012, akses jalan lain dibangun menuju ke perkampung itu yakni akses jalan Batu Dua. Selain itu ditambah dengan hadirnya objek wisata baru, yakni objek wisata Paralayangan.

Ade yang bentuk bangunan rumahnya masih mempertahankan bentuk awal merasa menyayangkan dengan banyaknya bentuk bangunan di kampung Sempurmayung yang telah banyak yang diubahnya. Pasalnya, kampung Sempurmayung via akses jalan Batu Dua, kini sering jadi perlintasan wisatawan dan warga sekitar lainnya.

Kampung Adat Sempurmayung saat ini ditinggali oleh lebih dari 60 Kepala Keluarga (KK) dengan sekitar 56 unit rumah yang ada. Dari jumlah itu, beberapa diantaranya masih mempertahankan bentuk awal dari bangunan rumah tersebut.

Itulah Keunikan Kampung adat di Sumedang. Semoga bermanfaat!

0 Komentar