Rekomendasi Buat Anak Senja Wisata Agro Di Sumedang Ranahwasa Keindahan Kebun Kopi Di Sumedang, Bisa Langsung Menikmati Kopinya Langsung

Rekomendasi Buat Anak Senja Wisata Agro Di Sumedang Ranahwasa Keindahan Kebun Kopi Di Sumedang, Bisa Langsung Menikmati Kopinya Langsung
(smartertravel.com) Rekomendasi Buat Anak Senja Wisata Agro Di Sumedang Ranahwasa Keindahan Kebun Kopi Di Sumedang, Bisa Langsung Menikmati Kopinya Langsung
0 Komentar

sumedangekspres – Gue mau bahas nih tentang wisata agro di Sumedang Ranahwasa Margamekar, Jawa Barat.

So, kita tau ya kalo wisata kebun kopi dan coklat itu sekarang lagi nge hits banget, apalagi di Sumedang.

Semuanya pengen nyobain suasana berbeda dan merasakan sensasi kebun-kopi-coklat-an yang asik.

Baca Juga:Makam Pasarean Gede Dikunjungi Penziarah Pelosok NegriSukajaya Fokus pada Program Kesehatan dan Ketahanan Pangan

Tapi, gue punya opini beda nih, dan boleh jadi bisa buat lu pada mikir lebih kritis soal wisata ini.

Gue mau nyampein kalo wisata agro kebun kopi dan coklat ini emang keren banget buat memperkaya pengetahuan kita tentang proses pengolahan biji kopi dan coklat.

Kita bisa liat dari deket banget gimana cara petani dan pekerja di sana ngurusin tanaman kopi dan coklatnya, dari mulai tanem sampai panen.

Kalo lu suka belajar hal-hal baru, wisata agro ini bisa bikin lu ngerasa puas dan dapet ilmu tambahan yang mungkin belum lu dapetin sebelumnya.

Tapi, di sisi lain, ada beberapa hal yang juga harus dipertimbangkan. Misalnya, impact lingkungan dari kegiatan agro wisata ini.

Kita tau kalo Indonesia termasuk salah satu penghasil kopi dan coklat terbesar di dunia.

Kebun kopi dan coklat di Sumedang ini pasti butuh area yang gede untuk tanaman-tanaman mereka.

Baca Juga:Warna Rambut Ombre, Ide Kekinian yang Patahkan Stereotip Generasi Z!Cool Banget, Deh! Warna Cat Kamar Tamu Biar Nggak Sumpek dan Kekinian Abis!

Nah, apakah lu pernah mikirin gimana peran kebun-kebun kopi dan coklat ini dalam menjaga ekosistem alam sekitar?

Apakah ada kontribusi positif yang mereka berikan untuk pelestarian alam atau malah nambahin masalah lingkungan?

Ada juga sisi sosial ekonomi yang harus dipikirin. Kebun-kebun ini kan tempat kerja buat banyak petani dan pekerja di sekitar sana.

Nah, apakah mereka punya akses yang sama ke manfaat ekonomi dari wisata agro ini?

Jangan sampe kegiatan wisata ini cuma bikin orang-orang tertentu aja yang untung dan yang kerja di sana tetep aja hidup susah.

0 Komentar