Eksplorasi Kawasan Hutan Cagar Alam di Sumedang Dengan Ribuan Flora & Fauna yang Menarik

Eksplorasi Kawasan Hutan Cagar Alam di Sumedang Dengan Ribuan Flora & Fauna yang Menarik
Eksplorasi Kawasan Hutan Cagar Alam di Sumedang Dengan Ribuan Flora & Fauna yang Menarik (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Eksplorasi kawasan hutan cagar alam di Sumedang dengan ribuan Flora & Fauna yang menarik.

Kawasan Gunung Jagat di Sumedang merupakan salah satu cagar alam yang memiliki keunikan ekosistem dengan flora dan fauna yang perlu dilindungi secara alami.

Lokasinya berada di Gunung Jagat, Dusun Cibareubeu, Desa Sukamanah, Kecamatan Jatinunggal.

Baca Juga:Pesona 12 Curug di Sumedang, Warga Sumedang Malu Jika Tidak Tahu IniPasar di Tengah Hutan, Nikmati Ketenangan Berbelanja di Hutan Bambu Pasir Jepang Kaki Gunung Manglayang Sumedang

Cagar alam ini mencakup wilayah yang luas, sekitar 126,60 hektar, dan terbagi ke dalam dua wilayah pemerintahan, yakni bagian selatan termasuk Desa Sukamanah dan bagian utara termasuk wilayah Desa Cisampih Kecamatan Jatigede, dengan jarak sekitar 5 km dari Wado.

Topografi Kawasan Cagar Alam Gunung Jagat Sumedang beragam, mulai dari permukaan tanah yang bergelombang sedang, berbukit, hingga bergunung-gunung, dengan ketinggian tempat antara 454 hingga 742 meter di atas permukaan laut.

Di kawasan ini terdapat tiga rangkaian pegunungan, yaitu Gunung Jagat di sebelah barat, Gunung Paseur di bagian tengah, dan Gunung Kencana di sebelah timur.

Pada tanggal 6 Desember 1954, Kawasan Gunung Jagat diresmikan menjadi cagar alam berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor: 132/Kpts/Um/12/1954.

Di sini terdapat kekhasan tumbuhan dan hewan yang perlu dilindungi, serta ekosistem yang berjalan secara alami.

Keadaan alam Gunung Jagat masih sangat alami dan belum terganggu oleh aktivitas manusia.

Kawasan Gunung Jagat memiliki beragam flora dan fauna yang menarik. Tipe vegetasi hutan hujan tropis dataran rendah mendominasi kawasan ini.

Baca Juga:5 Upacara Adat yang Terkenal di Jawa Barat , Ada yang Untuk Menghilangkan Aura NegatifPendaki Gunung Wajib Tahu, 7 Gunung Tertinggi di Jawa Barat, Salah Satunya Akan Mengingatkan Pada Aktivis Mahasiswa Soe Hok Gie

Di antara jenis tumbuhan yang ada adalah Teureup, Kiara, Manglid, Burahol, Bungur, Kesambi, Mindi, Harendong, dan lain-lain.

Begitu pula, beragam satwa liar hidup di sini, seperti Macan Kumbang, Kucing Hutan, Kancil, Jelarang, Kalong, Babi Hutan, Kera, Lutung, Trenggiling, Ayam Hutan, Elang Ruyuk, Ular Sanca, Ular Hijau, dan Biawak.

0 Komentar