Inilah Arti Cisumdawu Yang Diresmikan Langsung Oleh Presiden

Cisumdawu Yang Diresmikan Langsung Oleh Presiden
Cisumdawu Yang Diresmikan Langsung Oleh Presiden(bpjt.pu.go.id)
0 Komentar

sumedangekspres– Cisumdawu Yang Diresmikan Langsung Oleh Presiden, Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan atau disingkat dengan Jalan Tol Cisumdawu adalah sebuah jalan tol sepanjang 62,60 kilometer bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang berada di Jawa Barat menghubungkan daerah Bandung, Sumedang, dan Majalengka.

Cisumdawu Yang Diresmikan Langsung Oleh Presiden, Jalan tol ini melintasi Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Majalengka. Jalan tol ini merupakan bagian dari jalan tol yang menghubungkan dua kota besar di Jawa Barat yaitu Bandung dan Cirebon. Tol ini nantinya akan tersambung dengan Jalan Tol Cikopo-Palimanan. Jika sudah tersambung maka jarak tempuh Bandung – Cirebon itu tidak lebih dari 60 menit. Dan Bandara Kertajati menjadi titik temu persimpangan Tol tersebut. Sehingga nantinya bandara tersebut bisa mengakomodir penumpang dari wilayah Bandung dan Cirebon.

Konstruksi jalan tol ini dibagi menjadi 2 bagian pekerjaan dengan dukungan pemerintah dan swasta (PT CKJT) Seksi 1 & Seksi 2 dikerjakan oleh pemerintah sepanjang 28,50 km dan Seksi 3 – Seksi 6 dikerjakan oleh swasta (PT CKJT) sepanjang 32,60 km. Seksi 1 Ruas Cileunyi-Pamulihan resmi beroperasi pada 25 Januari 2022[1], Seksi 2 Ruas Pamulihan-Sumedang dan Seksi 3 ruas Sumedang-Cimalaka resmi beroperasi pada 15 Desember 2022 yang dioperasikan sementara tanpa tarif[2]. Sedangkan seksi lainnya ditargetkan selesai pada akhir Februari 2023[3], namun target ini kembali molor dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan akan selesai sebelum lebaran 2023[4]. Pada tanggal 28 Februari 2023 Tol Cisumdawu seksi 2 dan 3 resmi bertarif. Sementara tarif seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan mengalami kenaikan tarif[5]. Untuk tarif yang awalnya adalah Rp 1.000,-/km (gol.1) mengalami kenaikan menjadi Rp 1.450,-/km (gol.1).

Baca Juga:Penat Karna Kerjaan dan Ingin Liburan Ke Pantai Tapi Panas? Yuk Eksplorasi Kawasan Agro Wisata dan Perkebunan di Sumedang Suasana Asri dan Memanjakan MataDanau Ala Film Heart Ada di Sumedang! Yuk Intip Pesona Danau Cisoka dan Sumber Mata Air Alami di Kebun Teh Sumedang.

Awalnya peresmian jalan tol Cisumdawu akan dilakukan pada akhir Juni 2023[6] saat momen libur panjang Idul Adha[7], namun rencana ini kembali molor. Akhirnya pada tanggal 11 Juli 2023 Presiden Joko Widodo meresmikan tol Cisumdawu tepat di depan twin tunnel atau terowongan kembar[8] dimana twin tunnel merupakan icon dari tol cisumdawu. Saat ini tol cisumdawu sudah bisa beroperasi penuh.

Itulah Cisumdawu Yang Diresmikan Langsung Oleh Presiden. Semoga bermanfaat!

0 Komentar