Ini Profil Irjen Akhmad Wiyagusi Kepala Polda Jabar

Ini Profil Irjen Akhmad Wiyagusi Kepala Polda Jabar
Ini Profil Irjen Akhmad Wiyagusi Kepala Polda Jabar(tribratanews.gorontalo.polri.go.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Profil Irjen Akhmad Wiyagusi, Kapolres Akhmad Wiyagusi telah resmi dilantik menjadi Kapolda Jawa Barat menggantikan jabatan sebelumnya Inspektur Pol Suntana Polda Jabar.

Profil Irjen Akhmad Wiyagusi, kini Irjen Pol, Suntana, telah dilantik sebagai Perwira Tinggi (Pati) Baintelkan Polri (persiapan tugas di luar struktur).Hal itu sesuai telegram nomor ST/713/III/KEP/2023 Kapolri tertanggal 27 Maret 2023 yang ditandatangani Wakapolri Komjen Gatot Edy Pramono.

Siapa sebenarnya Irjen Pol Akhmad Wiyagus?, Inspektur Pol Akhmad Wiyagus lulus dari Akademi Kepolisian pada tahun 1989. Ia lahir pada bulan September 1967 dan saat ini berusia 55 tahun.

Baca Juga:3 Rekomendasi Tempat Wisata Di Sumedang, Cocok Buat Yang Ingin Mengenal Lebih Jauh Tentang SejarahJatinangor National Flower Park: Tempat Wisata Pedesaan Di Sumedang Yang Memiliki Kebun Bunga Paling Memukau

Inspektur Akhmad Wiyagus memiliki pengalaman investigasi selama karirnya di kepolisian, terutama dalam pemberantasan korupsi. Karier Irjen Akhmad Wiyagusi dimulai sebagai Direktur Pengaduan Masyarakat di KPK.

Dia kemudian terpilih menjadi Kapolres Sumedang pada tahun 2008.Tahun 2010 dipercaya sebagai kepala Unit II Dit III/Tipidkor Bareskrim Polri. Ia kemudian diangkat menjadi Kasubdit II Dittipidkor Bareskrim Polri pada 2011.

Dua tahun kemudian, pada 2013, Akhmad Wiyagus kembali dinaikkan pangkatnya menjadi Wadirtipidkor Bareskrim Polri. Pada tahun 2014 diangkat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Selain itu, Akhmad Wiyagus diangkat menjadi Wakapolda Maluku pada 2018. Setahun di Maluku, Akhmad Wiyagus kembali ke Jawa dan menjadi Wakapolda Jawa Barat pada 2019.

Ia dimutasi ke Gorontalo sebagai Kapolda Gorontalo pada 2020 dan Kapolda Lampung pada 2022. Terakhir, pada 2023, ia dipindahtugaskan menjadi Kapolda Jawa Barat.

Irjen Akhmad Wiyagus diketahui menerima Hoegeng Awards 2022 kategori Pemolisian Berintegritas dalam rangka Hari Bhayangkara ke-76.

(PKL/Anggi Rizki)

0 Komentar