Pemberdayaan Ekonomi Lokal: Produk UMKM Sudah Ada di Plaza Asia Lho!

Pemberdayaan Ekonomi Lokal: Produk UMKM Sudah Ada di Plaza Asia Lho!
Kepala Bidang UMKM pada Diskop UKMPP Kabupaten Sumedang, Wudan Lukmanul Hakim, sedang meninjau pusat oleh-oleh UMKM Sumedang di Plaza Asia Sumedang, Kamis, 8 Februari 2023. /kabar-priangan.com/Taufik Rohman/
0 Komentar

sumedangekspres – Pemberdayaan ekonomi lokal dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) adalah kunci untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di suatu daerah.

Sumedang, kabupaten yang terletak di Jawa Barat, Indonesia juga berupaya mendorong pemberdayaan ekonomi lokal dan mengembangkan potensi UMKM di daerah tersebut.

Pendekatan pemberdayaan ekonomi lokal

Pemerintah Sumedang telah melakukan berbagai pendekatan untuk memperkuat ekonomi lokal. Salah satu strategi yang diambil adalah mempromosikan pertanian dan industri lain yang spesifik untuk wilayah ini.

Baca Juga:Eksplorasi Kawasan Hutan Cagar Alam di Sumedang, Gunung CakrabuanaPesona Kolam Renang Alami dan Curug di Sumedang

Dengan mengidentifikasi dan memanfaatkan potensi lokal, seperti pertanian tradisional, perkebunan dan kerajinan, Sumedang berupaya meningkatkan nilai tambah produk lokal dan menciptakan lapangan kerja.

Mendukung UMKM

UMKM berperan penting dalam meningkatkan perekonomian lokal di Sumedang. Pemerintah daerah telah memberikan dukungan berupa pelatihan, pendampingan dan fasilitas pembiayaan kepada para pelaku UMKM.

Selain itu, pemasaran produk lokal melalui platform online dan pameran juga diselenggarakan untuk membantu UMKM menjangkau pasar yang lebih luas.

Dengan komitmen pemerintah dan partisipasi aktif masyarakat diharapkan pemberdayaan ekonomi lokal dan UMKM di Sumedang dapat terus berkembang.

Untuk itu, peran semua pihak baik pemerintah, dunia usaha dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan bagi seluruh warga Sumedang.

Beberapa produk UMKM Sumedang kini telah masuk pasar modern. Produk yang telah masuk pasar modern diantaranya olahan makanan kering dan makanan basah.

Produk-produk tersebut telah masuk ke areal khusus di Supermarket Plaza Asia Sumedang, sejak 9 Februari 2023.

Baca Juga:Menikmati Keindahan dan Keunikan Hutan Bambu dan Lembah di SumedangPesona Kolam Renang Alami dan Pemandian Air Panas di Daerah Pegunungan Sumedang

Produk pangan atau olahan pangan yang dapat MASUK adalah produk pangan komersial yang jelas legalitasnya. Mengingat ritel besar sangat memperhatikan kenyamanan konsumen.

Kerja sama antara pelaku UMKM dengan manajemen supermarket Asia Plaza yang didukung penuh oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah,

Kementerian Perindustrian dan Perdagangan, setidaknya merupakan langkah awal untuk membawa UMKM Sumedang ke level yang lebih tinggi.

0 Komentar