Trunamanggala Prioritaskan Ketahanan Pangan

Trunamanggala Prioritaskan Ketahanan Pangan
OPTIMIS: Sekretaris Desa Trunamanggala Abdul Haris saat memaparkan program Ketahanan pangan di Desa Trunamanggala kepada Sumeks, baru - baru ini. (istimewa)
0 Komentar

CIMALAKA– Alokasi anggaran Dana Desa (DD) tahun 2023 di Desa Trunamenggala, Kecamatan Cimalaka diprioritaskan pada program ketahanan pangan. Selain peningkatan akses jalan destinasi wisata Leweung Tiis di Trunamanggala.

Hal ini disampaikan Kepala Desa Trunamanggala Hendrik Herdiana melalui Sekretaris Desa Trunamanggala Abdul Haris.

“Ada tiga kegiatan yang berkaitan dengan program ketahanan pangan diantaranya Program Teras hijau yaitu pengadaan bibit tanaman sayuran, pupuk, pembelian alat semai dan polybag yang akan dibagikan kepada masyarakat untuk ditanam di halaman rumah masing-masing,” ujarnya.

Baca Juga:Outfit Rockabilly: Menghadirkan Kembali Sentuhan Nostalgia yang BergayaOutfit Military: Membangkitkan Keberanian dalam Mode yang Tangguh dan Elegan

Yang kedua, lanjut Abdul Haris, program ketahanan pangan di bidang pembangunan infrastruktur, pembangunan jembatan plat beton sawah blok ranca yang berlokasi di dusun 3. Kedua pembangunan drainase sawah yang berlokasi di dusun pangkalan dusun 3.

“Ketiga program Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT DD) sebesar 13,68% dari total anggaran DD tahun 2023, yang disalurkan kepada 45 KPM selama 12 bulan yang disalurkan pertiga bulan sekali dan telah disalurkan kepada masyarakat untuk periode 6 bulan,” ucap Abdul.

Pihak Desa berharap dengan semua program pembangunan infrastruktur bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani.

“Begitupun dengan program teras hijau yaitu dengan pembagian bibit sayuran kepada masyarakat, kami berharap masyarakat bisa mengelolanya dan berkembang. Sehingga masyarakat tidak perlu membeli sayuran dan kalaupun hasil panen sayuran banyak bisa dijual, sehingga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat bisa meningkat,” pungkas Abdul Haris.(ahm)

0 Komentar