Bendungan Jatigede Berpotensi Mendapatkan Energi Terbarukan di Sumedang? Simak Penjelasannya Disini!

Bendungan Jatigede Berpotensi Mendapatkan Energi Terbarukan di Sumedang? Simak Penjelasannya Disini!
Bendungan Jatigede Berpotensi Mendapatkan Energi Terbarukan di Sumedang? Simak Penjelasannya Disini! (GOOGLE MAPS/cep budi darma)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Bendungan Jatigede Berpotensi Mendapatkan Energi Terbarukan di Sumedang? Simak Penjelasannya Disini!

Bendungan Jatigede merupakan salah satu aset penting yang dimiliki Jawa Barat. Dengan skala yang besar dan kapasitas yang luar biasa, bendungan ini tidak hanya berfungsi sebagai sumber air untuk pertanian tetapi juga menjadi sumber listrik yang sangat menguntungkan bagi daerah sekitarnya.

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Bendungan Jatigede memiliki potensi besar untuk menghasilkan energi listrik yang ramah lingkungan.

Baca Juga:Seputar Pangsi Lengkap! Pakaian Jawa Barat Yang Memiliki Folosofi Yang Luar BiasaMau Kuliah Dengan Biaya Murah? Yuk Kepoin Sekolah tinggi Yang Mimin Rangkum Ini, Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Barat

Menggunakan aliran air yang cepat di atas bendungan, pembangkit listrik tenaga air memiliki kemampuan untuk mengubah energi kinetik air menjadi energi listrik yang dapat digunakan untuk kebutuhan masyarakat, industri dan bidang lainnya.

Dengan demikian, bendungan berkontribusi untuk menjaga kemandirian energi kawasan, mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang semakin langka, dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Selain sebagai pembangkit listrik tenaga air, Bendungan Jatigede juga berpotensi menjadi sumber energi matahari.

Dengan memasang panel surya di sekitar bendungan, energi matahari yang melimpah dapat digunakan untuk menghasilkan lebih banyak tenaga listrik.

Dengan kombinasi pembangkit listrik tenaga air dan energi surya, bendungan ini memiliki keunggulan sebagai sumber energi terbarukan, berkelanjutan, dan ramah lingkungan.

Penggunaan sumber energi terbarukan ini sangat penting untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menghadapi tantangan perubahan iklim global.

Semakin banyak energi terbarukan yang kita gunakan, semakin sedikit kontribusi kita terhadap pemanasan global dan polusi udara.

Baca Juga:Kamu Pendaki? Yuk Simak 10 Gunung Jawa Barat Yang Bisa Kamu Telusuri Tahun Ini, Terbatas Lho!Resep Perkedel Kentang Ala Rumah Makan Tegal (WARTEG) Yang Sangat Enak Dengan Sedikit Bahan

Selain itu, energi terbarukan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah, menciptakan banyak lapangan kerja baru di sektor energi terbarukan dan mengurangi biaya impor bahan bakar fosil.

Namun, untuk dapat memanfaatkan potensi energi Bendungan Jatigede secara maksimal, diperlukan dukungan banyak pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat.

Pemerintah harus membuat peraturan untuk mendukung pengembangan energi terbarukan, termasuk insentif pajak dan kebijakan untuk memfasilitasi investasi di sektor ini.

0 Komentar