Cibereumkulon Fokus pada Program Pertanian

Cibereumkulon Fokus pada Program Pertanian
KOMPAK: Kepala Desa Cibereumkulon Gun Gun Turganda SH, photo bersama dengan Kelompok Wanita Tani (Gemilang) seusai monitoring kegiatan persiapan lahan untuk penanaman bibit.(istimewa)
0 Komentar

CIMALAKA– Desa Cibereumkulon, Kecamatan Cimalaka, menunjang program ketahanan pangan dengan mengalokasikan Dana Desa (DD) tahap I tahun 2023 pada pada bidang pertanian.

Hal ini disampaikan Kepala Desa Cibereumkulon, Gun Gun Turganda SH., kepada Sumeks baru-baru ini.

“Dengan pemanfaatan lahan kosong milik desa yang asalnya lahan bekas galian diubah atau alih fungsi menjadi tanah pertanian, yang dikelola oleh ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT),” ujarnya.

Baca Juga:Mandalaherang Prioritaskan Ketahanan PanganMemori Nostalgia: Embracing the Vintage Outfit 80s Aesthetic Revival

Karena, sambung Gun Gun, pemanfaatan tanah kas desa ditunjang dengan penataan ubah pungsi lahan bekas galian.
Kedua pengadaan bibit seperti cabe rawit, cabe kriting kangkung, patcoy dan sosin. Ketiga pengadaan alat-alat pertanian seperti pembeluan Toren, pipa paralon, untuk penyiram, ram kawat buat pagar, bambu serta yang lainnya.

“Keempat pengadaan saung di areal lahan untuk penyimpanan alat-alat pertanian, yang berpungsi untuk tempat diskusi Ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) Gemilang,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya program Ketahanan pangan yang di alokasikan dari anggaran DD tahaf I Tahun 2023 ini bisa memberdayakan masyarakat Cibereumkulon dalam meningkatkan perekonomian masyarakat .

“Mudah-mudahan program ketahan pangan ini bisa memberdayakan dan meningkatkan perekonomian. khususnya ibu-ibu anggota (KWT) yang memang sudah terbentuk dan sudah berjalan lama,” tutup Kades. (ahm)

0 Komentar