Potensi Wisata Yang Bikin Geleng-Geleng Kepala, Inilah Destinasi Wisata Air Terjun Sumedang

Destinasi wisata air terjun Sumedang
Destinasi wisata air terjun Sumedang (googlemaps/UYAN NURBAYAN)
0 Komentar

sumedangekspres– Destinasi wisata air terjun Sumedang, Sumedang memiliki banyak destinasi wisata alam yang menakjubkan, bahkan banyak wisatawan yang  dari luar sumedang sengaja datang untuk menikmati keindahannya.

Tak berhenti di situ saja, ada segudang potensi alam yang hadir di dalamnya. Bisa dikatakan Sumedang sebagai kota dengan beragam air terjun yang bisa ditemukan dari pegunungan di sekitarnya. Nyatanya tersimpan begitu indah berbagai pesona alam dan potensi tak terduga dari alamnya.

Potensi ini seakan coba diangkat melalui pesona alam yang dimiliki. Kontur alam dan geografis yang kayak akan bukit, nyata menyimpan pasokan air yang besar. Air itu bukan hanya mengalir dari sungai dan tertampung di danau.

Baca Juga:Madinah Iman Wisata BandungGak Usah Ke Ranca Upas untuk Liat Rusa, Inilah Potensi Wisata Alam untuk Ekowisata Sumedang!

Namun air itu muncul dari tebing-tebing kuno yang dulunya terbentuk dari proses vulkanik. Alam menyulamnya sedemikian hingga akhirnya manusia menyebutnya dengan air terjun. Bagi masyarakat Sumedang, air terjun mereka sebut dengan Curug yang berasal dari Bahasa Sunda.

Menemukan curug ibarat menemukan harta karun yang tersimpan di dalam hutan atau pegunungan. Bahkan bisa dibilang wisata air di Sumedang ibarat moodbuster akan penatnya aktivitas. Pengunjung yang datang dan menjelajah bukan hanya dari wisatawan lokal bahkan mancanegara tertarik dengan curug di Sumedang.

1. Curug Cipongkor

Curug ini berada di Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, sebuah curug bertipe tunggal atau yang punya satu air terjun. Letaknya pun tersembunyi oleh berbagai tebing cadas yang tinggi, lokasinya juga berpapasan dengan hutan Gunung Tugu yang membuat pengunjung bisa melihat begitu banyak ragam primata dan tentu saja persawahan berundak.

Pergi ke sana, para pengunjung pastinya akan menguji fisik dan mental untuk tiba ke lokasi. Panorama alam khas sumedang tergambar jelas setiap langkah berjalan. Perjalanan diawali dengan menyisir persawahan warga, kemudian bukit-bukit kecil satu persatu harus dilewati. Hingga akhirnya memasuki kawasan hutan Gunung Tugu.

Ada beragam keanekaragaman tumbuhan yang ditemui selama perjalanan hingga akhirnya suara desir air yang jauh dari sebuah tebing terlihat jelas. Itulah Curug Cipongkor yang fenomenal, letaknya tersembunyi dengan akses yang masih sulit. Akan tetapi panorama curug setinggi kira-kira 30 meter seakan menjadi pelepas segala rasa capek dan penasaran.

0 Komentar