KEGIATAN PKM BIDANG ILMU DI SDN SUKAMAJU

INOVATIF: Kaum akademisi merespon kebutuhan guru untuk mengupgrade kemampuan IT, khususnya untuk keperluan pembuatan media pembelajaran seperti yang dilakukan oleh dosen UPI Kampus Sumedang, melalui tim PKM Bidang ilmu (PKM BI) yang diketuai oleh dr. Ani Nur Aeni, M.Pd.
INOVATIF: Kaum akademisi merespon kebutuhan guru untuk mengupgrade kemampuan IT, khususnya untuk keperluan pembuatan media pembelajaran seperti yang dilakukan oleh dosen UPI Kampus Sumedang, melalui tim PKM Bidang ilmu (PKM BI) yang diketuai oleh dr. Ani Nur Aeni, M.Pd. (Istimewa)
0 Komentar

Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Aplikasi Android.

sumedangekspres – Pembelajaran di abad 21 didasarkan pada konsep 4 C, yaitu Critical Thinking and Problem Solving (Berpikir Kritis & Pemecahan Masalah),  Creativity and Innovation (Daya Cipta dan Inovasi), Collaboration (Kerjasama), dan Communication (Komunikasi). Untuk melaksanakan pembelajaran abad 21 tersebut guru dituntut selalu mengikuti perkembangan zaman dan memiliki kompetensi abad 21 dengan karakteristik Life-long learner, Kreatif dan inovatif, mengoptimalkan teknologi, reflektif, kolaboratif, menerapkan student centered, dan menerapkan pendekatan diferensiasi. Guru abad 21  harus selalu menjadi pembelajar sepanjang hayat, tidak pernah berhenti untuk belajar dari manapun dan siapapun. Guru dituntut selalu kreatif dan inovatif terutama dalam membuat bahan ajar dan media pembelajaran sehingga memberikan pembelajaran yang inovatif dan tidak membosankan siswa dengan aksi kreativitasnya dalam mengajar. Demikian pula guru harus senantiasa mengupgrade kemampuannya di bidang teknologi salah satunya dalam penguasaan media computer dan internet yang telah menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran abad 21. Kemampuan guru dalam mengoptimalkan teknologi dapat dibantu melalui kegiatan pelatihan-pelatihan yang sengaja dilaksanakan untuk mengokohkan kompetensi guru di bidang teknologi.

Pihak perguruan tinggi sangat memahami kebutuhan guru tersebut. Melalui kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PKM), kaum akademisi merespon kebutuhan guru untuk mengupgrade kemampuan IT, khususnya untuk keperluan pembuatan media pembelajaran seperti yang dilakukan oleh dosen UPI Kampus Sumedang melalui tim PKM Bidang ilmu (PKM BI) yang diketuai oleh Dr. Ani Nur Aeni, M.Pd. dengan anggota Dr. Nurdinah Hanifah, M.Pd., Drs. H. Dadan Djuanda, M.Pd. dan Dr. Maulana, M.Pd. telah memberikan pelatihan kepada guru-guru di SDN Sukamaju Sumedang Utara. Pelatihan ini berdurasi 32 jam yang dilaksankan pada 21-23 Juli 2023 dengan materi pembuatan media pembelajaran berupa aplikasi android. Bu Hijrah selaku Kepala SDN Sukamaju memberikan respon yang sangat postif  untuk kegiatan tersebut.
Pelatihan pembuatan media pembelajaran berupa aplikasi android ini terinsprirasi dari produk yang sudah dibuat berupa aplikasi BETA (belajar dari peta), yaitu sebuah aplikasi android sebagai media edukasi bagi siswa SD yang berisi tentang materi doa-doa harian. Aplikasi ini bermuatan materi Pendidikan Agama Islam (PAI) SD, namun pada saat pelatihan di SDN Sukamaju materi  pelatihannya diambil dari konsep dasar pembuatan aplikasi BETA tersebut yang meliputi cara download dan install aplikasi Web2Apk, cara mencari bahan materi konten, mengumpulkan  grafis materi konten melalui media canva, cara membuat desain melalui media canva, cara membuat video melalui media VN, Cara membuat aplikasi melalui powerpoint dan cara convert powerpoint menjadi aplikasi melalui Web2Apk.

0 Komentar