KEGIATAN PKM BIDANG ILMU DI SDN SUKAMAJU

INOVATIF: Kaum akademisi merespon kebutuhan guru untuk mengupgrade kemampuan IT, khususnya untuk keperluan pembuatan media pembelajaran seperti yang dilakukan oleh dosen UPI Kampus Sumedang, melalui tim PKM Bidang ilmu (PKM BI) yang diketuai oleh dr. Ani Nur Aeni, M.Pd.
INOVATIF: Kaum akademisi merespon kebutuhan guru untuk mengupgrade kemampuan IT, khususnya untuk keperluan pembuatan media pembelajaran seperti yang dilakukan oleh dosen UPI Kampus Sumedang, melalui tim PKM Bidang ilmu (PKM BI) yang diketuai oleh dr. Ani Nur Aeni, M.Pd. (Istimewa)
0 Komentar

Melalui pelatihan ini guru-guru merasa sangat terbantu dan sangat bermanfaat dalam membuat media pembelajaran dengan mengoptimalkan teknologi, seperti yang dituturkan oleh Bu Sri Yuli sebagai peserta pelatihan “Alhamdulillah Bimtek pembuatan media pembelajaran dan pemanfaatan aplikasi BETA sangat bermanfaat. Banyak hal baru yang dipelajari. Banyak web yang sebelumnya belum saya gunakan, ternyata  bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran. Saya semakin termotivasi untuk membuat media pembelajaran berbasis aplikasi android agar mudah digunakan siswa dan tentunya menyenangkan”. Awalnya para guru hanya memanfaatkan powerpoint biasa untuk membuat media pembelajaran, ternyata melalui pelatihan ini mereka mendapatkan ilmu baru untuk mengeksplor menu-menu yang ada pada powerpoint sehingga bisa menjadi media pembelajaran berupa aplikasi android berbasis powerpoint. Para instruktur pelatihan yang terdiri dari Tiara Erlina, Diana Puspita Dewi, S.Pd., Fakhri Luqman Hadi  dan safitri Ramadhani memandu para guru dengan telaten sehingga setiap sesi pelatihan dapat diikuti oleh para guru dan pada sesi akhir berhasil dibuat media pembelajaran berupa aplikasi android yang dibuat oleh peserta pelatihan.

Dengan terlaksananya kegiatan PKM BI melalui konsep pembuatan aplikasi BETA, Upaya untuk mengupgrade kemamapuan IT guru dapat terlaksana. Hal ini dapat menunjang para guru dalam memberikan pembelajaran yang inovatif sehingga secara keseluruhan dapat membantu memajukan dunia Pendidikan. Hal ini sebagaimana yang dinyatakan oleh Bu Wiwin sebagai salah satu peserta pelatihan “Alhamdulillah dari hasil kegiatan Bimtek APK BETA sangat bermanfaat, khususnya untuk saya pribadi karena bisa membantu menyampaikan materi kepada peserta didik dan tidak akan membosankan peserta didik, disamping itu menambah wawasan dalam menggunakan APK pendukung seperti Canva, Youtube dan lain sebagainya. Saya pribadi menunggu Kerjasama berikutnya untuk memperkenalkan APK lain untuk memajukan dunia Pendidikan.

PKM ini dibiayai oleh Dana Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan  Kampus Universitas Pendidikan Indonesia  di Sumedang  Tahun Anggaran 2023 dengan Surat Keputusan Rektor No. 895/UN40/PT.01.02/2023. (ahm)

0 Komentar