Gunung Gede Pangrango Jawa Barat, Surganya Flora dan Fauna, Ada Owa Hutan Hidup Nyaman di Sini

Gunung Gede Pangrango Jawa Barat, Surganya Flora dan Fauna, Ada Owa Hutan Hidup Nyaman di Sini
Gunung Gede Pangrango Jawa Barat, Surganya Flora dan Fauna (ist/kolase/CI Indonesia & thejakartapost.com)
0 Komentar

Jalur pendakian Cibodas, sebagai contohnya, lebih mudah dan sering dipilih oleh pendaki pemula yang ingin mendaki Gunung Pangrango.

Selama pendakian, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam megah dengan ribuan pohon yang dilestarikan oleh Taman Nasional.

Rest area dan toilet darurat tersedia di sepanjang jalur untuk mendukung pendakian yang aman.

Baca Juga:2 Pemandian Air Panas Terpopuler di Sumedang, Ajak Ayang Kesini Pasti Makin MesraUnik Banget, Wisata Pemandian Air Panas di Sumedang ini Tersembunyi di Tengah Sawah

Bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman selain pendakian gunung, Resort TNGGP di Cibodas juga menyediakan lokasi perkemahan dan penginapan di lereng Gunung Pangrango.

Suasana sejuk dan segar akan memperkaya pengalaman rekreasi alam.

Bagi yang mencari tantangan adrenalin, Resort Wisata Cibodas juga menawarkan Jembatan Gantung Canopy Trail yang menghubungkan lembah sejauh 130 meter dengan ketinggian 40 meter, serta Air Terjun Cibereum yang sedang digemari oleh pengunjung.

Lebih menarik lagi, semua fasilitas wisata di Resort Cibodas, termasuk homestay, lokasi perkemahan, jalur pendakian, rest area, dan Jembatan Gantung Canopy Trail, adalah milik negara.

Pengelolaan yang baik dan profesional oleh TNGGP telah menghasilkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar 6,7 miliar pada tahun 2020.

Meskipun menghadapi beberapa penutupan akibat pembatasan sosial pada tahun 2021, TNGGP tetap menyumbang PNBP sebesar 4,92 miliar melalui penggunaan Barang Milik Negara.

TNGGP juga berkontribusi dalam penelitian dan pelestarian kekayaan alam Indonesia di kawasannya.

Para peneliti di Balai Besar TNGGP secara teratur melakukan inventarisasi dan penelitian flora dan fauna di Taman Nasional.

Baca Juga:Inilah Basic Skincare Pria Yang Sangat Penting Disertai Cara PengaplikasiannyaPesan Ridwan Kamil kepada Forum Jabar Sehat: Terapkan Empat Filosofi Sunda

Hasil penelitian ini dicatat dalam jurnal yang membahas keanekaragaman hayati dan upaya melindunginya.

Dengan potensi alam yang begitu besar, tanggung jawab besar dalam pengelolaan dan konservasi menjadi keharusan.

TNGGP telah membuktikan bahwa aset negara yang dikelola dengan baik dapat menjadi katalis dalam pelestarian alam. Mari kita terus jaga aset negara ini.

Demikian pembahasan mengenai Gunung Gede Pangrango Jawa Barat yang merupakan surganya Flora dan Fauna.***

0 Komentar