Bertarung Sengit, SMPN 12 Bandung Berhasil Juarai Lomba Cerdas Cermat HAM

Bertarung Sengit, SMPN 12 Bandung Berhasil Juarai Lomba Cerdas Cermat HAM
Bertarung Sengit, SMPN 12 Bandung Berhasil Juarai Lomba Cerdas Cermat HAM(istimewa/jabarprov)
0 Komentar

sumedangekspres  – Lomba Cerdas Cermat, setelah lima jam bertarung sengit dalam Lomba Cerdas Cermat Hak Asasi Manusia (HAM), akhirnya SMPN 12 Bandung berhasil merebut juara dengan skor 3.400. Disusul SMPN 2 Bandung sebagai peringkat 2 dengan skor 2.650. Lalu SMPN 44 Bandung di peringkat 3 dengan skor 1.550.

Salah satu peserta lomba dari SMPN 12 Bandung, Hujjah Lishaumi Kirana kelas 9 menyebutkan persiapan yang telah timnya upayakan selama ini.

“Persiapannya 10 hari. Setiap pulang sekolah, kami belajar bersama dari modul yang diberikan panitia,” jelas Hujjah.

Baca Juga:5 TAHUN JABAR JUARA, Gubernur Ridwan Kamil Umumkan Pemenang Tender TPPAS Legok Nangka5 TAHUN JABAR JUARA, WJIS 2023, Jawa Barat Tawarkan Proyek Infrastruktur Hijau dan Hilirisasi

Menurutnya, bagian paling sulit adalah saat menghafalkan semua materi. Sebab dari sekian banyak materi, ia dan timnya tak tahu materi yang akan diujikan saat lomba nanti.

Namun, berkat kegigihan dan dukungan dari semua pihak, akhirnya tim SMPN 12 Bandung bisa keluar sebagai pemenang lomba cerdas cermat.

“Alhamdulillah akhirnya kita bisa menang. Tapi selama lomba ini, menurut saya lawan tersulit itu dari SMPN 2 Bandung. Apalagi tadi dari babak penyisihan sampai final ketemu terus,” ungkapnya.

Ia menambahkan, tips agar tetap tenang dan akhirnya bisa mendapatkan juara adalah meminta doa restu orang tua. Selain itu, harus tetap semangat apapun hasil yang akan diperoleh.

“Kami ditekankan oleh pembina untuk meminta doa restu orang tua. Selain itu harus terus semangat. Apapun hasilnya nanti, itu adalah yang terbaik,” lanjutnya.

Sementara itu, Asisten Daerah I Kota Bandung, Asep Saeful Gufron berharap, dengan adanya kegiatan ini, anak-anak mampu untuk menegakkan hak asasi manusia sesuai dengan perannya masing-masing.

“Kita punya peran masing-masing. Kita bangun pergaulan, etika, lingkungan yang baik. Mereka di sini adalah calon pemimpin yang akan menggantikan kita. Jangan sampai mereka berada di lingkungan dan pemikiran yang merusak masa depan,” ujar Asep dalam Lomba Cerdas Cermat HAM di Hotel Grand Asrilia, Rabu 9 Agustus 2023.

Baca Juga:Ragam Lomba Kemerdekaan Untuk Memumpuk Ptriotisme Generasi Muda Pada HUT RI.Penyelenggaraan Upacara Bendera 17 Agustus.

Ia menambahkan, apalagi anak SD sekarang perilakunya perlu diperhatikan. Ia menjabarkan, sebanyak 40,40 persen pengidap HIV/AIDS berada di usia produktif. Sebagiannya dari kategori anak SMP dan SMA.

0 Komentar