Jatihurip Prioritaskan Ketahanan Pangan

Jatihurip Prioritaskan Ketahanan Pangan
OPTIMIS: Sekretaris Desa Jatihurip Beni Rahman Sopian ST (Kiri) saat berdialog dengan salah seorang perangkat Desa Jatihurip terkait alokasi program Ketahanan pangan, Rabu (9/8).(istimewa)
0 Komentar

KOTA- Dalam memperkuat program Ketahanan pangan 2023 di Desa Jatihurip, Kecamatan Sumedang Utara diprioritaskan pada sarana pembangunan infrastruktur dan program Pemberdayaan wanita. Hal ini disampaikan Kepala Desa Jatihurip, Tata melalui Sekretaris Desa Jatihurip Beni Rahman Sofian ST, kepada Sumeks baru – baru ini.

Dikatakannya, dalam program Ketahanan pangan 2023 di Desa Jatihurip diprioritaskan pada bidang infrastruktur mengingat banyaknya akses jalan dan saluran, yang menuju ke area perkebunan dan pesawahan yang perlu dibenahi.

“Untuk infrastruktur yang direalisasikan pada tahun ini, pertama hotmix jalan Sukahurip di RT 01 RW 07, kedua hotmix Gang Sindangsehat RT 03 RW 07. Ketiga pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) saluran air Dusun Sindangjaya RT 03 RW 03,” kata Beni.

Baca Juga:DPC PAPERA Sumedang Rayakan Harlar Ke 1Problem Isbat Nikah di PA Sumedang

Sementara lanjut Beni, untuk bidang pemberdayaan yaitu Pembentukan Kelompok Wanita Tani (KWT), Pembinaan ketahanan pangan dan pemberdayaan keluarga. Pemanfaat lahan Pekarangan milik warga, dengan anggaran yang di alokasikan 20 persen dari Dana Desa 2023.

Pihak Desa Jatihurip berharap, program Ketahanan pangan ini terus berjalan supaya bisa berkelanjutan di masyarakat khususnya di Desa jatihurip.

“Dengan berjalannya dan berkelanjutan program ini, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian serta mengentaskan angka stunting dimasyarakat,” ucapnya.

Beni mengatakan, program yang akan dilakukan seperti, pemanfaatan pekarangan dengan sayuran.

“Hasil panennya seandainya tidak bisa dijual juga, bisa dikonsumsi sendiri oleh masyarakat,” pungkas Beni. (ahm)

 

0 Komentar