Ternyata di Jawa Barat Ada Wisata Dengan Sejarah yang Mendalam Menjadi Wisata Edukasi Sumedang Tahura Gunung Kunci

Ternyata di Jawa Barat Ada Wisata Dengan Sejarah yang Mendalam Menjadi Wisata Edukasi Sumedang Tahura Gunung Kunci
(sumber foto: Raynardthan Ponto)
0 Komentar

sumedangekspres – Meski disebut Gunung Kunci, kawasan wisata ini sebenarnya adalah sebuah bukit kecil tak jauh dari Alun-Alun Kota Sumedang. Wisata Edukasi Sumedang Tahura Gunung Kunci.

Lokasi persisnya sekitar 250 meter di sebelah barat alun-alun. Objek wisata bersejarah ini merupakan benteng pertahanan yang dibangun oleh Belanda.

Tempat di dalam benteng memiliki sejumlah ruangan dengan fungsi yang sesuai. Anda bisa menyaksikan situs bersejarah ini untuk melengkapi kunjungan Anda ke kota Sumedang.

Baca Juga:Bedak Tabur Wardah Colorfit Mattifying Powder Worth To Buy Buat Kulit Berminyak, Cek Dulu Yuk Gurls!Serum Wardah Acnederm 5 in 1 Untuk Melawan Jerawat Auto Glowing

Taman Hutan Rakyat Tahura atau Gunung Palasari dan Gunung Kunci merupakan cagar alam yang terletak di Kabupaten Sumedang.

Tahura ini berfungsi sebagai cagar alam sekaligus habitat flora dan fauna. Lokasinya cukup dekat dengan pusat kota Sumedang.

Tahura Gunung Palasari dan Gunung Kunci merupakan salah satu dari 34 Tahura yang ada di Indonesia. Seperti namanya, Gunung Palasari Tahura dan Gunung Kunci meliputi dua kawasan pegunungan yang berdekatan, yaitu Gunung Palasari dan Gunung Kunci.

Berdasarkan surat keputusan tersebut, kawasan Gunung Kunci dan Gunung Palasari berubah fungsi dari kawasan hutan produksi terbatas menjadi taman hutan rakyat.

Perubahan fungsi ini dibarengi dengan pengalihan pengelolaan dua kawasan gunung tersebut dari pemerintah pusat ke Kabupaten Sumedang setahun sebelumnya. Kalaupun telah dilakukan pengalihan, selama proses pengelolaan, Pemprov Sumedang bertanggung jawab kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Kehutanan Republik Indonesia.

Kawasan Tahura Gunung Palasari dan Gunung Kunci terletak di Jalan Pangeran Sugih, Desa Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Kedua gunung tersebut dipisahkan oleh jalan nasional yang menghubungkan kota Bandung dengan wilayah Cirebon.

Wisata Edukasi Sumedang Tahura Gunung Kunci terletak di sebelah barat jalan raya dan Gunung Kunci di sebelah timur. Dari segi luas dan ketinggian, kedua gunung tersebut memiliki ketinggian yang berbeda, di antaranya Gunung Palasari dengan ketinggian sekitar 625 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan Gunung Kunci dengan ketinggian 485 meter di atas permukaan laut (mdpl). Luas Gunung Palasari juga jauh lebih besar dari Gunung Kunci.

0 Komentar