Pengertian Rantai Makanan dan Gambarnya

Pengertian Rantai Makanan dan Gambarnya
Pengertian Rantai Makanan dan Gambarnya(www.gurupendidikan.co.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Pengertian Rantai Makanan dan Gambarnya, Manusia bukanlah satu-satunya makhluk yang hidup di bumi ini. Ada banyak makhluk hidup yang tumbuh dan berkembang selain manusia.

Karena makhluk serupa menempati bumi, pasti ada interaksi antara makhluk hidup.Hubungan antara organisme yang saling mempengaruhi menimbulkan ekosistem.

Dalam lingkungan ekosistem, terdapat hubungan saling ketergantungan antar jaring-jaring makanan.

Ekosistem juga dapat dipahami sebagai suatu sistem ekologi yang di dalamnya terdapat hubungan timbal balik antara keanekaragaman spesies dengan perputaran materi dan aliran energi melalui komponen-komponen yang dikandungnya.

Baca Juga:Profile Lengkap Ning Umi Laila Pendakwah Cantik!5 Pakaian Baju Adat Jawa Barat Terlihat Anggun

Pengertian Rantai Makanan dan Gambarnya, Rantai makanan adalah bagian dari jaring-jaring makanan. Meskipun rantai makanan dan jaring makanan terlihat serupa, keduanya sedikit berbeda.

Rantai makanan adalah rangkaian proses makan dan dimakan antara makhluk hidup berdasarkan urutan tertentu, yang di dalamnya terdapat produsen, konsumen dan pengurai (dekomposer) untuk bertahan hidup.Sederhananya,

Rantai makanan dapat dilihat secara runtut mulai dari produsen, konsumen, dan pengurai. Lain halnya dengan jaring makanan.

Jaring makanan adalah kombinasi dari rantai makanan yang tumpang tindih dan saling berhubungan dalam suatu ekosistem.Mempelajari jaring-jaring makanan, tahapan taksonomi, jenis taksonomi organisme yang ada.

Untuk fungsinya sendiri rantai makanan mempunyai fungsi sebagai berikut :

Mendeskripsikan interaksi langsung antar spesies yang ada dalam ekosistem itu sendiri, untuk membedakan hubungan antar spesies yang termasuk dalam spesies dasar, spesies transisi, dan spesies yang merupakan predator primer.

Untuk menyederhanakan pemahaman tentang hubungan dan fungsi spesies dengan mempelajari kontrol bottom-up dan top-down dalam struktur komunitas. Selidiki kontrol top-down atau kontrol bottom-up dalam struktur atau bentuk komunitas.

Dan itulah sedikit penjelasan mengenai fungsi rantai makanan

(PKL/Anggi Rizki)

0 Komentar