Batu Kasur Tepat Istirahat Raja

Batu Kasur Tepat Istirahat Raja
0 Komentar

sumedangekspres- Situs Makom Batu Kasur tepat berada di lokasi obyek wisata alam Panenjoan Desa Pasirbiru, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Situs Batu Kasur merupakan Makom atau patilasan (tempat peristirahan) para leluhur Sumedang.

Situs tersebut sangat dikeramatkan. Bahkan dipercaya masih menyimpan mitos sehingga tidak ada yang berani mengambil sesuatu di situs makom keramat.

Menurut pantauan di lokasi, situs makom tersebut terdapat sebuah hamparan baru besar menyerupai kasur. Bahkan dilengkapi dengan bantal dan guling dari batu juga, sehingga masyarakat menyebutnya Makom Batu Kasur.

Baca Juga:PGRI Bangkitkan Semangat Ratusan GuruPadasuka Gelar Lomba Gerak Jalan dan Pentas Seni

“Keliling area Situs Makom keramat ini akan dipagar, tidak sembarang orang masuk terkecuali para peziarah. Sebab dulu, ada orang (tukang batu) berani membelah salah satu batu disini, tapi jelang sehari kemudian si orang tersebut meninggal dunia, ” ujar Yudi warga setemat kepada Sumeks, baru-baru ini.

Dibenarkan Yayan Suryana, Situs Makom Batu Kasur sangat dikeramatkan. Sehingga keutuhannya dijaga ketat dari tangan-tangan jahil.

“Kami imbau kepada para pengunjung, dilarang membawa sesuatu apalagi merusak makom. Namun apabila ada yang berani, maka akibatnya tanggung sendiri,“ ujarnya.

Situs ini Dulunya Sebagai Tempat Peristirahatan Para Leluhur Sumedang. Dikatakan, Situs Makom Batu Kasur adalah petilasan, konon sebagai tempat peristirahatan para leluhur Sumedang sehingga banyak dikunjungi peziarah.

“Kami tidak mengetahui persis siapa leluhur Sumedang itu. Tapi hanya cerita di masyarakat bahwa makom ini katanya Eyang Paningali, sehingga masyarakat menyebut lokasi ini Panenjoan, “ujar Yayan.

Bahkan, lanjut Yayan, konon jaman dulu ada gerombolan Belanda dan tokoh masyarakat waktu itu minta tolong kepada eyang bahwa wilayah Pasirbiru jangan diserang gerombolan itu.(Deden/Magang)

0 Komentar