Pemprov Targetkan Rebana Metropolitan

Ridwan Kamil pada sesi tanya jawab di acara Kick Off West Java 2023, baru-baru ini.(istimewa)
Ridwan Kamil pada sesi tanya jawab di acara Kick Off West Java 2023, baru-baru ini.(istimewa)
0 Komentar

sumedangekspres-BANDUNG- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil targetkan pengembangan Rebana Metropolitan. Diketahui, Rebana Metropolitan merupakan kawasan industri dan perkotaan baru di Jabar yang meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu,

Kuningan serta Kota Cirebon dan di rancang olehnya. Ridwan Kamil menjelaskan bahwa konsep rebana, agar Jawa Barat menjadi Provinsi paling maju, karena memiliki Industrialisasi yang Palipurna.

“Jawa Barat penduduknya 500 juta, kalo Jawa Barat mau juara se-ASEAN, kuncinya satu yaitu Industrialisasi dan dengan Rebanalah tujuan itu bisa terealisasi,” terang Ridwan Kamil pada sesi tanya jawab di acara Kick Off West Java 2023, baru-baru ini.

Baca Juga:Semagat Baru Cimanggung Kebangkan DesaWarga Antusias Dapat Bantuan Air Besih

Ridwan Kamil menambahkan, Rebana merupakan koreksi terhadap pola pikir, pembangunan yang lokomotifnya ekonomi merupakan Livability keseimbangan. Maka direbana dilahirkan 13 kota industri baru, yang memiliki batas khusus yaitu tidak boleh mengambil area sawah.

Kawasan Rebana selain didesain dengan konsep mengawinkan kawasan industri, tetapi juga ramah untuk tinggal. Agar mempermudah orang yang tinggal dan kerja di kawasan tersebut.

“Rebana Metropolitan didesaian agar orang yang tinggal di kota industri tidak jauh lokasinya antara rumah dan tempat berkerja. Sehingga mengurangi pengeluaran transportasi,” ujarnya.

Diakhir Ridwan Kamil menjelaskan, Pemprov memiliki sejumlah targetan khusus dalam pengembangan kawasan. Rebana yaitu meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi sebesar 7,16 persen dan penyerapan 4,5 juta tenaga kerja.(cr1)

 

0 Komentar