Museum Date di Wisata Edukasi Sumedang Dekat Dengan Alun-Alun Sumedang Dikelilingi

Museum Date di Wisata Edukasi Sumedang Dekat Dengan Alun-Alun Sumedang Dikelilingi
(sumber foto: Krisna Setiawan)
0 Komentar

sumedangekspres – Museum Date di Wisata Edukasi Sumedang, Jawa Barat, dekat Alun-alun Sumedang.

Museum Prabu Geusan Ulun merupakan destinasi wisata yang tidak hanya menawarkan hiburan tetapi juga memberikan wawasan sejarah Sumedang.

Mengunjungi museum ini seperti kembali ke masa lalu, merasakan suasana zaman Sumedang, kaya akan adat dan budaya.

Baca Juga:Wisata Populer Sumedang Jawa Barat Dekat Dengan Alun-Alun Sumedang Lengkap Dengan Penginapan Terdekat dan Murah Cara Menghapus Cookies di Netflix Panduan Praktis untuk Pengguna Agar Tidak Lemot

Terletak di pusat kota dan dekat dengan Alun-alun Sumedang, Museum Prabu Geusan Ulun mudah dijangkau pengunjung.

Keberadaan museum ini menjadi bukti kebanggaan Sumedang dalam melestarikan sejarah dan mengajak masyarakat menggali kekayaan akar budayanya. Bagi para orang tua, mengunjungi museum ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengenalkan anak-anak mereka pada sejarah dan budaya Sumedang.

Museum Prabu Geusan Ulun resmi dibuka untuk umum pada tanggal 24 Januari 1985. Museum pada saat ini menempati 6 gedung terdiri dari Gedung Srimanganti, Bumi Kaler, Genden, Gedung Pusaka, Gedung Gamelan,dan Gedung Kareta.

Museum Date di Wisata Edukasi Sumedang, Untuk operasional wisata dari wisata sejarah Museum Prabu Geusan Ulun buka mulai dari jam 08.00 – 14.00 WIB.

Beberapa fasilitas di Museum Prabu Geusan Ulun: 

  • Tempat parkir wisata
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Spot foto instagenic
  • Warung wisata

Mendongeng sejak usia muda membantu membentuk pemahaman dan cinta tanah air.

Dengan demikian, generasi penerus akan memiliki rasa tanggung jawab terhadap warisan budaya dan sejarah Sumedang.

Museum Prabu Geusan Ulun tidak hanya memamerkan koleksi penting, tetapi juga menawarkan pengalaman belajar yang unik dan bermakna.

Baca Juga:Keunggulan Berbelanja di SKINTIFIC Official Shop di Shopee Jauhkan dari Produk KW!Teks Sholawat Lirik ‘Alamate Anak Sholeh – Ning Umi Laila

Di dalamnya, pengunjung dapat merasakan sejarah melalui artefak sejarah, benda, dan cerita mendalam tentang asal usul dan perkembangan kawasan tersebut.

Museum Prabu Geusan Ulun didirikan pada tanggal 1 Maret 1974, tujuan awalnya adalah untuk menunjukkan sejarah masa lampau bahwa Sumedang memiliki sebuah kerajaan yang luas dan indah, yaitu Kerajaan Sumedang Larang.

Dan difungsikan sebagai gudang peninggalan kerajaan Sumedang Larang atau kerajaan Pajajaran hingga masa kabupaten.

Semula museum ini bernama Museum Sumedang, kemudian berganti nama menjadi Museum Prabu Geusan Ulun hingga sekarang. Dan menjadi situs sejarah di Sumedang.

0 Komentar