Pengembangan Potensi Wisata Edukasi Sumedang di Kawasan Wisata Eco Green Park Kampung Karuhan

Pengembangan Potensi Wisata Edukasi Sumedang di Kawasan Wisata Eco Green Park Kampung Karuhan
(sumber foto: google maps)
0 Komentar

sumedangekspres – Potensi Wisata Edukasi Sumedang bisa menjadi salah satu wisata yang di unggulkan di Sumedang.

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya. Salah satu sumber daya di bidang pariwisata, baik wisata alam maupun wisata budaya.

Peran pariwisata dalam pembangunan negara, selain menghasilkan devisa, juga memberikan kontribusi pada bidang-bidang strategis pembangunan negara, antara lain: menciptakan dan memperluas bidang kegiatan, menciptakan dan memperluas kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat dan pemerintah, mendorong pelestarian dan pengembangan kebudayaan nasional, mendorong perbaikan di bidang pembangunan lainnya, memperluas wawasan kebangsaan, memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, memajukan
cinta tanah air dan mendorong pembangunan daerah.

Baca Juga:Daftar Wisata Edukasi di Sumedang Bisa Liburan Sekalian Belajar, Apa itu Wisata Edukasi?Dirumah Aja Tapi Bisa Liburan? Ini Layanan Liburan Virtual Sumedang Sambil Belajar di Wisata Edukasi Sumedang Jawa Barat

Kampung Karuhun merupakan kawasan wisata umum yang terletak di wilayah desa Citengah di selatan kabupaten Sumedang. Lokasinya sekitar tujuh kilometer arah selatan dari pusat kota Sumedang. Kawasan Kampung Karuhun berupa persawahan dan lingkungan hutan hujan yang masih terjaga keindahannya.

Pengembangan Potensi Wisata Edukasi Sumedang. Di kawasan ini terdapat sungai Cihonje dengan airnya yang jernih mengalir melewati bebatuan. Di hulu, terdapat air terjun Cigorobog yang akan memikat pengunjung.

Di sisi lain, terdapat kebun teh Margawindu yang luas dikelilingi oleh kawasan hutan lindung di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Dengan lingkungan alam yang masih hijau, Kampung Karuhun menawarkan wisata terpadu dengan konsep taman ekologi.

Dengan demikian, pengunjung akan bersentuhan langsung dengan alam dan disediakan bibit tanaman yang bisa ditanam di cagar alam atau ditanam di rumah. Di dalam kawasan hutan lindung sendiri masih terdapat satwa yang dilindungi seperti elang, lutung, lutung, monyet, burung, landak dan masih kucing besar seperti lodaya.

Destinasi wisata ini dapat dijangkau dengan berbagai jenis kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Untuk angkutan umum, gunakan Angkutan Umum Cipameungpeuk – Citengah Rural. Dilanjutkan dengan jalan kaki atau ojek. Lokasinya berada di selatan kota Sumedang dengan jarak 7 km.

Potensi wisata yang terdapat di Kawasan Wisata Kampung Karuhun meliputi potensi alam dan potensi sejarah. Dari seluruh potensi wisata yang terdapat di Kawasan Wisata Trawas semuanya memilikinilai-nilai edukasi yang dapat digali dan ditonjolkan sebagai daya tarik bagi wisatawan. Aset berupa obyek dan daya tarik wisata alam dan sejarah yang dimiliki, Kawasan Wisata Trawas dapat dikembangkan sebagai daerah wisata berbasis pendidikan dengan menyediakan paket wisata edukasi.

0 Komentar