Inilah Jenis – Jenis Pakaian Adat Jawa

Inilah Jenis - Jenis Pakaian Adat Jawa
Inilah Jenis - Jenis Pakaian Adat Jawa(seringjalan.com)
0 Komentar

Namun ada juga yang berpendapat bahwa surjan berasal dari kata Siro dan Jan artinya lampu. Namun di sisi lain, berdasarkan cerita.

Surjan ini sudah ada sejak masa Mataram Islam yang diciptakan oleh Sunan Kalijaga saat itu. Dan saat itu Surjan dipanggil dengan pakaian yang saleh, yaitu membawa makna Islam dan Regius.

4. Kanigaran

Kanigaran merupakan pakaian yang diperuntukkan bagi pengantin kerajaan Kerajaan Nayogyakarta. Dalam hal ini banyak orang yang menyebutnya Paes Ageng Kanigaran.

Baca Juga:Model Pintu Rumah Minimalis 2 Pintu Terbaru 20233 Atasan yang Cocok Untuk Rok Lilit

Kanigaran sendiri terbuat dari bahan beludru hitam murni dengan jenis kain dodot atau jenis pakaian bawahan.

5. Basahan

Basahan merupakan salah satu jenis gamis yang mirip dengan Kanigaran. Kostum Basahan jenis ini hanya dikenakan oleh kedua mempelai, adapun asal muasalnya berasal dari budaya Mataram.

6. Batik

Batik merupakan pakaian adat Jawa. Dalam istilah membatik berarti mengerjakan sesuatu sedikit demi sedikit. Namun ada juga yang berpendapat bahwa membatik adalah kegiatan menggambar dengan membuat titik-titik di atas kanvas berukuran besar.

Apalagi batik sendiri sudah dikenal sejak lama yaitu sejak zaman penjajahan Belanda, batik sendiri sudah ada. Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO menyatakan bahwa batik telah menjadi warisan budaya Indonesia sejak zaman nenek moyang kita.

Dan itulah jenis pakaian adat jawa.

(PKL/Anggi Rizki)

0 Komentar