Seminar & Workshop PkM-BI Tahun 2023  

Seminar & Workshop PkM-BI Tahun 2023  
Sejumlah narasumber memberikan pemaparan pada acara seminar dan workshop yang bertajuk Mendobrak Miskonsepsi HOTS pada 23-29 Agustus 2023.
0 Komentar

Berdasarkan forum diskusi yang diadakan bersama guru-guru di lingkungan dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang pada tanggal 4 Januari 2023 secara daring, ada beberapa permasalahan yang masih mereka hadapi di lapangan, kaitannya dengan implementasi Kurikulum Merdeka ini.

Diantaranya adalah dari beberapa sekolah SD yang tergabung dalam Mandiri Belajar dan Mandiri Berubah yang seharusnya sudah mulai mengaplikasikan pembelajaran berbasis HOTS, sesuai tuntutan IKM, akan tetapi pada kenyataannya cara mengajarnya masih konvensional akan tetapi evaluasi akhir harus berbasis HOTS, sesuai tuntutan dalam IKM jadi antara cara mengajar dengan bentuk-desain evaluasinya di sini, tentunya belum sesuai/selaras.

Oleh karena itu, berdasar pada permasalahan-permasalahan tadi maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis kepakaran bidang ilmu (PkM-BI) yang bertajuk “Mendobrak Miskonsepsi HOTS bagi para Guru SD di Kabupaten Sumedang” menjadi hal yang sangat penting dan bersifat segera untuk dilaksanakan.

Baca Juga:Plaza Asia Gelar Lomba Karaoke CountryPadasuka Gelar Lomba Gerak Jalan dan Pentas Seni

Kegiatan PkM-BI ini penting untuk dilaksanakan dalam rangka memberi pengetahuan dan pemahaman kepada guru SD tentang konsep HOTS yang digunakan sebagai landasan dalam proses kegiatan belajar-mengajar pada kurikulum IKM.

Sehingga dari kegiatan ini, diharapkan para guru SD di wilayah Kabupaten Sumedang tidak lagi mengalami miskonsepsi tentang istilah HOTS tadi.

Kegiatan PkM-BI:
Seminar.
Kegiatan seminar berupa pemaparan tentang 1) Pengenalan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM); 2) Memberi pemahaman tentang konsep HOTS; 3) Memberi pemahaman tentang konsep HOTS sebagai proses-belajar; dan 4) Memberi pemahaman tentang konsep HOTS sebagai tujuan dari sebuah proses pembelajaran di dalam kelas.

Workshop.
Kegiatan workshop, meliputi kegiatan diskusi dan kerja kelompok dalam upaya guru-guru dapat memahami perbedaan tentang konsep HOTS sebagai proses-belajar dan konsep HOTS sebagai tujuan dari sebuah proses pembelajaran di dalam kelas.

Intermezo (Ice Breaking) Pengenalan Produk Penelitian DRTPM

Sebagai kegiatan intermezo dalam kegiatan PkM-BI ini, Tim Pelakasana mengenalkan produk penelitian berupa aplikasi EBS-PBM Apps yang dapat diunduh di Google Play Store, di link: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.koderkampung.ebsmobile. Untuk kemudian di-install dan dioperasikan.

Kegiatan seminar dan workshop ini bertujuan,  untuk memberikan bekal kepada peserta, agar dapat melakukan persiapan sebaik mungkin dalam melaksanakan pembelajaran berbasis HOTS, sesuai tuntutan kurikulum IKM. Memiliki pemahaman yang cukup guna mengukur ketercapaiannya yaitu dengan memberikan soal-soal yang berbasis HOTS. Serta dapat memahami secara baik perbedaan mendasar dari kedua istilah tersebut, pembelajaran berbasis HOTS dan soal-soal HOTS.(ahm)

0 Komentar