Asal Usul Nama Cadas Pangeran Sumedang, Ada Hubungannya Dengan Raja Sumedang Masa Lampau?

Asal Usul Nama Cadas Pangeran Sumedang, Ada Hubungannya Dengan Raja Sumedang Masa Lampau?
Asal Usul Nama Cadas Pangeran Sumedang, Ada Hubungannya Dengan Raja Sumedang Masa Lampau? (GOOGLE MAPS)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Asal Usul Nama Cadas Pangeran Sumedang, Ada Hubungannya Dengan Raja Sumedang Masa Lampau?

Pangeran Kornel dikenal juga dengan nama Pangeran Kusumadinata XI, ia menjabat sebagai bupati Sumedang pada tahun 1791-1828, Pangeran Kusumadinata ia diangkat menjadi kolonel oleh Belanda.

Sebutan “Kolonel” yang masih jarang pada saat itu diubah menjadi “Cornel”. Pangeran Kornel lebih dikenal masyarakat dibandingkan nama aslinya yaitu Asep Djamu (1761-1828), yang kemudian setelah 2 tahun lahirlah sepupunya, Asep Ema.

Baca Juga:Fakta Unik Keajaiban Dunia di Jawa Barat Yang Punya Kemiripan Dengan Candi Borobudur MagelangTau Gak Sih, Ada 2 Situs Wisata Alam Yang Punya Kemiripan Dengan Keajaiban Dunia di Provinsi Jawa Barat?

Pangeran Kusumadinata XI lahir pada tahun 1762, bernama Surianagara III, putra dari suami istri Adipati Surianagara II, beliau adalah Bupati Sumedang pada (1761-1765) dan Nyi Mas Nagakasih.

Di masa kecilnya, Pangeran Kusumadinata dikenal dengan nama Raden Asep Djamu. meninggal pada tahun 1765, diangkat menjadi bupati/bupati sementara karena Raden Asep Djamu yang saat itu masih bayi tidak mampu naik takhta menjadi bupati Sumedang.

Baru pada tahun 1791 Raden Djamu alias Surianagara III diangkat menjadi bupati Sumedang dengan gelar Pangeran Kusumadinata IX yang bertahta pada (1791-1828).

Cadas Pangeran merupakan jalan raya sepanjang 3 km yang menghubungkan Sumedang dengan wilayah Bandung yang dibangun pada tahun 1809 oleh Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels (1808-1811).

Peristiwa Pangeran Cadas merupakan aksi simbolik protes atau protes Bupati Sumedang, Pangeran Kusumadinata IX (1791-1828), Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels yang bermaksud membangun jalan menuju ‘Anyer’ di Panarukan.

Pangeran Kusumadinata IX alias Pangeran Kornel sangat sedih melihat rakyatnya diperlakukan sewenang-wenang oleh Gubernur Jenderal Daendels.

Diceritakan oleh sesepuh Sumedang, Peristiwa Pangeran Batu terjadi pada saat pertemuan antara Pangeran Kusumadinata IX alias Pangeran Kornel dengan Gubernur Daendels saat pembangunan jalan raya.

Baca Juga:Salah Satu Keajaiban Dunia Mirip Piramida Mesir di Provinsi Jawa Barat, Kepoin Lokasinya yuk!Keajaiban Dunia Mirip Piramida Mesir Ternyata Ada di Provinsi Jawa Barat, Yuk Kepoin Lokasinya Disini!

Konon Pangeran Kusumadinata IX menjabat tangan patih dengan tangan kiri. , sedangkan Kornelini, tangan kanan sang pangeran, berdiri siap mengayunkan belati tentara.

Tindakan ini mengejutkan Daendels. Peristiwa heroik ini secara visual terlihat pada sebuah patung yang terletak di tengah Jalan Bandung-Sumedang.

0 Komentar