Polusi Udara Ancam Kesehatan Warga

BERDEBU: Pemotor melintas di Jalan Tolengas, dengan kondisi penuh debu jalan yang menganggu pengelihatan dan pernafasan, kemarin.(istimewa)
BERDEBU: Pemotor melintas di Jalan Tolengas, dengan kondisi penuh debu jalan yang menganggu pengelihatan dan pernafasan, kemarin.(istimewa)
0 Komentar

sumedangekspres- TOMO-Musim kemarau yang panjang membuat curah hujan semakin langka, hal itu menyebabkan polusi udara yang cukup berdampak bagi pengendara maupun masyarakat sekitar, khususnya di Jalan Tolengas, Darmawangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang.

Salah satu warga yang berjualan dipinggir jalan mengaku, khawatir jika anaknya terkena penyakit sesak nafas. Karena setiap hari beraktifitas dikondisi lingkungan yang dipenuhi polusi udara.

“Anak saya setiap hari sekolah lewat jalan sini, khawatirnya anak saya bisa terkena penyakit pernafasan jika terus seperti ini,” terang penjual warung pinggir jalan, Rabu (30/8).

Baca Juga:Pasca Kebakaran, TPSA Cibereum Kembali BeroperasiISPA Hantui Warga Sekitar TPAS Cibereum

Karena jalan tersebut ramai digunakan oleh pengendara mobil dan motor, membuat polusi udara semakin parah yang bisa berdampak memicu terjadinya gangguan pernafasan seperti asma, ISPA dan kanker paru-paru.

Di tempat lain, pengendara yang lewat juga merasakan dampak dari polusi udara dan mengaku cukup menganggu selama perjalanan melewati jalan tersebut.

“Saya dari dulu sering lewat jalan sini, cuma kali ini memang sangat berdebu dan cukup meresahkan seperti membuat mata perih, sesak nafas dan menganggu penglihatan,” terang pengguna jalan, Andrian.

Lebih lanjut, Andrian berharap agar musim kemarau cepat berlalu. Sehingga secepatnya turun hujan karena khawatir jika musim kemarau berkepanjangan, polusi udara semakin parah.(cr1)

 

0 Komentar