Efek Samping Tidur Dengan Lampu Yang Menyala

Efek Samping Tidur Dengan Lampu Yang Menyala
(blog.freepeople.com)Efek Samping Tidur Dengan Lampu Yang Menyala
0 Komentar

sumedangekspres  – Aku sangat yakin banyak dari kamu yang pernah mengalami situasi yang satu ini, kamu lelah setelah seharian panjang melakukan aktivitas dan kamu ingin santai dan tidur nyaman.

Kamu sudah siap dengan membaringkan diri dan memejamkan kedua mata, tapi tiba-tiba terjadi suatu hal yang membuyarkan kenyaman yaitu lampu yang masih menyala.

Entah itu lampu kamar yang lupa dimatikan, lampu jalan yang masuk lewat jendela, atau mungkin lampu hias yang sengaja dinyalakan.

Baca Juga:Kajian Malam Sabtu Masjid Assalam SumedangLove Earthquake Alias Gempa Cinta, Yu Kenalan Sama Gempa Cinta

Sampai di titik ini, mungkin ada beberapa dari kita yang berpikir, “Ah, nggak apa-apa lah, aku bisa tidur dengan lampu nyala.

” Tapi sebenarnya, efek dari tidur dengan lampu nyala bisa lebih besar daripada yang kita kira.

Aku pernah denger, tidur dengan lampu nyala bisa mengganggu kualitas tidur kita, dan setelah ngubek-ngubek informasi, ternyata itu beneran ada dasarnya, lho!

Jadi begini, tubuh kita punya jam biologis yang disebut ritme sirkadian. Jam biologis ini ngatur kapan kita harus tidur dan kapan harus bangun.

Nah, salah satu faktor yang ngatur jam biologis ini adalah cahaya. Ketika malam hari, tubuh kita seharusnya menerima sinyal dari otak bahwa sudah waktunya istirahat.

Cahaya yang berkurang adalah tanda buat tubuh kita bahwa sudah waktunya menghasilkan hormon melatonin, yang membuat kita merasa kantuk.

Nah, bayangkan aja, kalau kamu tidur dengan lampu nyala, tubuhmu mungkin akan bingung.

Baca Juga:Cara Menatasi Kulit Kamu Yang Kering Akibat Bekas JerawatMata Menawan nan Indah Dengan Rekomendasi 5 Merek Maskara Terbaik dan Berkualitas Boleh Nih Buat Kamu

Cahaya dari lampu bisa membuat otakmu berpikir kalau masih siang, jadi produksi melatonin jadi terhambat.

Jadinya, kamu mungkin bakal susah tidur atau tidurmu nggak terlalu nyenyak. Makanya, kadang-kadang tidur dengan lampu nyala bikin pagi hari kita rasanya kayak nggak cukup tidur.

Selain itu, tidur dengan lampu nyala juga bisa ngeganggu fase tidur yang lebih dalam, yang disebut tidur REM.

Ini fase tidur di mana kita bermimpi dan otak kita lagi asyik-asyiknya ngurusin memori dan emosi.

Kalo tidur REM terganggu, bisa-bisa kita bangun pagi-pagi rasanya kayak belum tidur sama sekali.

Dan inget juga, tidur yang berkualitas itu penting, lho.

0 Komentar