Taman Hutan Raya Djuanda Bandung: Nikmati Keindahan Alam yang Menakjubkan

Taman Hutan Raya Djuanda Bandung
Taman Hutan Raya Djuanda Bandung(Traveloka.com)
0 Komentar

sumedangekspres– Taman Hutan Raya Djuanda Bandung, membahas destinasi Bandung memang tidak ada habisnya, Bandung memang diancungkan jempol untuk wisata nya karena banyak pengunjung juga dari berbagai wilayah yang ingin menikmati keindahan Bandung.

Ir. H. Djuanda yang disematkan pada kawasan wisata di Bandung ini merupakan nama pahlawan Indonesia yang menorehkan sejarah penting. Beliau adalah perdana menteri terakhir yang menjabat di era demokrasi parlementer. Salah satu jasanya yang paling dikenang adalah Deklarasi Djuanda yang diresmikan pada 13 Desember 1957. Isinya sendiri terdiri atas pernyataan bahwa semua pulau serta laut di Indonesia merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan.

Maka wajar saja bila sejumlah kota besar di Indonesia, termasuk Bandung, mengabadikan Ir. H. Djuanda sebagai nama jalan hingga kawasan wisata. Di Tahura Dago, Anda juga bisa menjumpai objek wisata bersejarah seperti:

Gua Jepang

Baca Juga:Bandung Memang Juara dalam Perbelanjaan! Yuk Intip Rekomendasi Outlet Terbaik BandungApa Itu Kelenjar Getah Bening? Bagaimana Cara Mengobati Kelenjar Getah Bening Secara Alami?

Situs historis ini diperkirakan dibangun para pekerja paksa atau romusha pada 1942. Anda bakal menjumpai empat pintu dengan dua saluran udara di Gua Jepang. Wisatawan yang ingin berkunjung ke sini harus berjalan sekitar 600 meter dari gerbang masuk;

Gua Belanda

Dibangun pada 1918, Gua Belanda difungsikan sebagai markas militer, gudang senjata, penjara, pusat komunikasi, hingga PLTA. Dibandingkan Gua Jepang, gua ini mempunyai fasilitas lebih bagus dan terawat;

Curug Omas

Untuk menjangkau Curug Omas dari Tahura Dago memang lumayan jauh, yakni 5-6 kilometer. Namun, sesampainya di sana Anda akan mendapati air terjun dengan ketinggian 30 meter. Sumbernya sendiri berasal dari Sungai Cikawang dan Sungai Cigulung;

Tebing Keraton

Objek wisata di Tahura Ir. H. Djuanda yang satu ini memang sedang ramai-ramainya dikunjungi. Tebing Keraton menawarkan panorama pegunungan memukau, apalagi kalau datang di pagi hari sebelum antreannya mengular;

Penangkaran rusa

Seperti di Lembang, Tahura Dago juga menyediakan penangkaran rusa bagi wisatawan yang menyukai binatang. Jenis rusa yang ditempatkan di kawasan ini adalah rusa tutul yang terbilang jinak.

Akses menuju Tahura Ir. H. Djuanda
Tahura Dago beralamat di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung. Dari Dago, Anda bisa pergi ke Terminal Dago dan melanjutkan perjalanan ke taman hutan raya. Wisatawan dapat menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi.

0 Komentar