GT Paseh Gerbang Pertumbuhan Ekonomi

SEPI: Sebuah kendaraan melajut di GT Paseh, yang nampak masih sepi dari mobilitas kendaraan lainnya, Senin (11/9).(Foto Atep Bimo)
SEPI: Sebuah kendaraan melajut di GT Paseh, yang nampak masih sepi dari mobilitas kendaraan lainnya, Senin (11/9).(Foto Atep Bimo)
0 Komentar

sumedangekspres- PASEH – Pasca dibukanya Gerbang Tol (GT) Paseh di Desa Bongkok, Kecamatan Paseh, baru-baru ini, masyarakat bergembira. Terutama bagi para pelaku ekonomi dan wisata di wilayah Kecamatan Conggeang, Paseh dan Buahdua.

Pasalnya, para pelaku ekonomi tersebut akan mudah memasarkan produknya ke berbagai kota dengan adanya akses Tol Cisumdawu. Seorang pelaku usaha di Kecamatan Paseh, Pih Indra memprediksi, dengan dibukanya GT Paseh akan mempermudah pemasaran ataupun pengambilan barang ke dan dari daerah lain. Tentunya, diharapkan hal itu akan meningkatkan perekonomian warga.

“Saat ini baru beberapa hari dibuka, belum kelihatan dampaknya. Namun, diharapkan akan berdampak pada meningkatnya perekonomian warga sekitarnya,” ujar Pih lndra kepada Sumeks, Senin (11/9).

Baca Juga:Gogongo Hidupkan Kembali EkonomiKemarau, Pengunjung Wisata Menurun Drastis

Dikatakan, Gerbang Tol Paseh akan mempercepat masyarakat untuk menuju Jakarta, Bandung, Cirebon bahkan sampai Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Produk hasil bumi seperti opak, salak, mebel dan lainnya yang dihasilkan pelaku ekonomi akan mudah dikirim dan cepat terpasarkan. Terutama, menuju ke kota-kota besar,” jelasnya.

Namun, Pih Indra sangat menyayangkan tarif Tol Cisumdawu yang cukup tinggi. Sebab, berdampak pada meningkatnya ongkos distribusi barang ke dan dari daerah lain.

“Sehingga, akan menambah biaya untuk pemasaran ataupun pengambilan barang. Jadi, nantinya sendiri menambah biaya operasional,” jelasnya.

Sementara itu, para pengelola wisata di sekitar Kecamatan Paseh, Conggeang dan Buahdua turut menyambut gembira dibukanya GT Paseh. Dengan dibukanya GT Paseh diharapkan akan mampu meningkatkan jumlah pengunjung yang datang.

“Apalagi jika perbaikan jalan sudah selesai, akses menuju tempat wisata akan bagus dan lancar,” jelas seorang pengelola wisata Cipanas Cileungsing, Asep.

Disebutkan, selama ini, para pengelola wisata terkendala akses yang buruk sebagai dampak dibangunnya jalan Tol Cisumdawu. Namun ketika akses bagus, pengunjung tidak akan terkendala jalan untuk menuju lokasi wisata.

Baca Juga:Camat Tanggapi Insiden Pengeroyokan SekdesSekolah Diamuk Api, Laboratorium Luluh Lantak

Dikatakan, terdapat beberapa tempat wisata potensial di sekitar GT Paseh. Seperti, Cipanas Cileungsing, Situ Cilembang, Curug Ciputrawangi, Cipanas Sekarwangi dan Mata Air Sirah Cipelang serta lainnya.

“Para pengunjung dari berbagai daerah akan datang, terutama di akhir pekan. Selain akan meningkatkan kunjungan wisata, juga akan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat sekitarnya,” tutupnya. (bim)

0 Komentar