TPAS Cibereum Segera Direlokasi

IMBAU: Helmi Hasanudin Kabid PSPKL DLHK, saat dijumpai Sumeks di ruanganya, Senin (11/9).(foto Rizki)
IMBAU: Helmi Hasanudin Kabid PSPKL DLHK, saat dijumpai Sumeks di ruanganya, Senin (11/9).(foto Rizki)
0 Komentar

sumedangekspres- SUMEDANG- Lahan TPAS Cibereum Wetan seluas 10 hektare sudah melebihi kapasitas, dalam menampung volume sampah di Kota Sumedang. Diketahui berat sampah sudah mencapai 1.000 ton per hari, rencananya akan dialihkan.

Pemerintah Kota (Pemkot) berencana mengalihkan pembuangan sampah dari TPA Cibereum Wetan ke TPA Cijeruk di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Hal itu dikatakan Helmi Hasanudin, Kepala Bidang PSPKL (Pengolahan Sampah Dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan)

Helmi menjelaskan, bahwa rencana pengalihan TPAS ke Cijeruk masih dalam tahap proses.

Baca Juga:Cikole Dukung Program Sumedang AgamisGT Paseh Gerbang Pertumbuhan Ekonomi

“Bilamana TPAS Cibereum Wetan ditutup, tidak memungkinkan. Karena TPAS Cijeruk masih dalam proses pembangunan pelebaran jalan. Karena disitu akses padat penduduk,” ujar Helmi.

Menurut Helmi, selama ini TPAS Cibeureum memberlakukan sistem open dumping, yaitu sampah dibuang begitu saja dalam sebuah tempat pembuangan akhir tanpa ada perlakuan apapun.

“Sebenarnya untuk pengolahan sampah dengan sistem open dumping diharuskan adanya peralatan yang lebih lengkap, seperti kendaraan dozer dan kendaraan compactor untuk memadatkan sampah,” ungkapnya.

Helmi berharap, pengalihan dalat segera terelasiasikan.(cr2)

 

0 Komentar