Inilah Jenis-Jenis Tanah Liat Yang Bisa Dijadikan Patung Dengan Kualitas Premium, Yuk Kepoin Biar Gak Salah Lagi!

Inilah Jenis-Jenis Tanah Liat Yang Bisa Dijadikan Patung Dengan Kualitas Premium, Yuk Kepoin Biar Gak Salah Lagi!
Inilah Jenis-Jenis Tanah Liat Yang Bisa Dijadikan Patung Dengan Kualitas Premium, Yuk Kepoin Biar Gak Salah Lagi! (ISTIMEWA/FREEPIK)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Inilah Jenis-Jenis Tanah Liat Yang Bisa Dijadikan Patung Dengan Kualitas Premium, Yuk Kepoin Biar Gak Salah Lagi!

Tanah liat adalah sejenis tanah yang terdiri dari partikel-partikel kecil dan padat yang disebut tanah liat. Tanah liat memiliki banyak kegunaan di berbagai industri termasuk pertanian, konstruksi dan kerajinan.

Di bidang pertanian, tanah liat digunakan untuk meningkatkan retensi air dan nutrisi di dalam tanah. Dalam konstruksi, tanah liat dapat digunakan untuk membuat bahan bangunan seperti batu bata dan ubin.

Baca Juga:Vivo V27e 12GB+8GB Ram, Peforma Ngebut Pasti Lancar Dipakai Game Berat dan Fotografer, Yuk Kepoin Harganya!Spesifikasi Vivo Y27 Basic Hanya 1.999 Rupiah Saja lho, Gak Percaya? Yuk Simak Pembahasan Lengkapnya Disini!

Dalam kerajinan tangan, tanah liat sering digunakan untuk membuat berbagai produk keramik dan benda seni lainnya. Tanah liat terdiri dari partikel-partikel yang sangat halus, lebih kecil dari partikel pasir dan debu. Karena partikelnya yang halus, tanah liat memiliki tekstur yang padat dan tahan terhadap air.

Tanah liat mempunyai kemampuan menahan dan menyimpan air dengan baik. Karena kepadatan partikelnya yang padat, air sulit mengalir melalui tanah liat, itulah sebabnya jenis tanah ini sering digunakan dalam pertanian untuk menjaga kelembaban tanah.

Kaolin Clays

Tanah liat kaolin jenis ini biasa digunakan untuk membuat porselen karena kandungan mineralnya yang murni. Berbeda dengan terakota, tanah liat kaolin hanya berwarna terang dan tidak lentur sehingga tanah liat jenis ini sulit dibentuk oleh pengrajin.

Tanah kaolin memiliki tingkat kematangan paling tinggi yaitu suhu 1.800 derajat celcius, namun tanah kaolin memberikan hasil terbaik bila dicampur dengan tanah liat untuk menghasilkan porselen yang sempurna.

Stoneware Clays

Lantai batupasir merupakan lantai tangguh yang mencapai kekerasan maksimum pada suhu 1.204 hingga 1.280 derajat Celcius.

Berwarna abu-abu muda, lantai batupasir ini dapat berubah menjadi abu-abu netral ketika tanah menjadi sedikit basah. Sebaliknya, lantai batu pasir kasar dan mengandung partikel pasir.

0 Komentar