Kebakaran Melanda Lahan Gambut di Cigendel, Warga Khawatir Api Menjalar ke Permukiman

Kebakaran Melanda Lahan Gambut di Cigendel, Warga Khawatir Api Menjalar ke Permukiman
Kebakaran Melanda Lahan Gambut di Cigendel, Warga Khawatir Api Menjalar ke Permukiman
0 Komentar

Kebakaran Melanda Lahan Gambut di Cigendel, Warga Khawatir Api Menjalar ke Permukiman

sumedangekspres  – Sejumlah warga Cigendel dikejutkan dengan kobaran api yang tiba-tiba membakar  lahan gambut dan kebun bambu di sekitar  Dusun Cinangka RT 05 RW 09  Desa Cigendel Kecamatan Pamulihan, Selasa  (19/9) petang.

Api yang membesar dengan cepat nyaris merembet ke permukiman warga. Untungnya, sejumlah petugas pemadam kebakaran serta  anggota Badan  Penanggulangan Bencana Daerha  (BPBD) Sumedang sigap datang ke lokasi kebakaran, untuk memadamkan api dan melindungi lingkungan.

Baca Juga:Dr Aqua Dwipayana: Membangun Soliditas Tim yang Kuat dalam Bisnis Hotel Sangat Penting karena Sektor ini Melibatkan Banyak Unit dan DepartemenPakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana: Memberikan Pelayanan Prima kepada Pengunjung Menjadi Nilai Tambah bagi Sebuah Perpustakaan

Kebakaran lahan ini terjadi di tengah kondisi cuaca kemarau seryta tiupana  angin kencang, menyebabkan api cepat menjalar ke mana-mana.  Menurut Laporan Situasi yang dikirimkan oleh team BPBD, Jumlah lahan terbakar belum bisa di taksir sampai saat ini, termasuk hutan dan Kebun Bambu. Ini merupakan ancaman serius terhadap ekosistem yang rapuh dan beragam di wilayah tersebut.

“Pemerintah setempat bersama dengan relawan dan petugas pemadam kebakaran telah bekerja keras untuk memadamkan api. Mereka menggunakan peralatan pemadam kebakaran, dan sumber daya lainnya untuk mengendalikan kebakaran ini. Namun, cuaca yang tidak bersahabat terus menjadi tantangan besar dalam upaya kami.” Ucap Atang S sebagai kepala pelaksana BPBD , Kepada Sumedang Ekspress, Selasa (19/9/23).

Dilansir dari hasil Laporan Situasi yang dikirimkan melalui media Seluller oleh Kepala Pelaksana BPBD,Menjelaskan, Upaya yang telah dilakukan oleh BPBD Sumedang, TNI, Polri, Pemadam Kebakaran UPTD Tanjung Sari, damkar bidang, damkar kota, Satpol PP, riksa, relawan Indonesia Escorting Asosiation, Jabursilan, RT/RW setempat dan masyarakat setempat ikut turun serta memadamkan api tersebut. Kebakaran Melanda Lahan Gambut di Cigendel, Warga Khawatir Api Menjalar ke Permukiman

“Api dapat dipadamkan pada pukul 16.00 WIB.
dan melakukan Pendinginan sampai pukul 17.00 WIB,  untuk penyebabnya belum di ketahui kami dan team masih mencari namun dipastikan aman terkendali” Ujar Atang Sutarno.

Pusdalops BPBD Kabupaten Sumedang menghimbau kepada masyarakat tidak membuang Puntung Rokok dan Membakar sampah di area Yang paling riskan terjadinya kebakaran lahan tersebut. (rizki)

0 Komentar