Pengertian KUR (Kredit Usaha Rakyat), Jenis, Syarat, dan Caranya

Pengertian KUR (Kredit Usaha Rakyat), Jenis, Syarat, dan Caranya
Pengertian KUR (Kredit Usaha Rakyat), Jenis, Syarat, dan Caranya (Pinterest)
0 Komentar

Batas maksimal dari pinjaman Kur retail yaitu sebesar Rp 500 juta, selain itu juga menawarkan jangka waktu yang mengemablikan yang cenderung lebih lama.

Dan untuk batas waktu pinjaman kur pinjaman pembiyaan modal kerja yaitu selama 4 tahun pembiyaan investasi selama 5 tahu.

3. KUR Khusus

KUR khusus diberikan oleh pemerintah yang bentuknya adalah pembiayaan dengan kondisi tertentu. Salah satu yang bisa dikategorikan sebagai KUR jenis ini adalah KUR TKI atau Tenaga Kerja Indonesia.

Baca Juga:Siapa Bilang Menikmati Wisata Salju Harus ke Luar Negeri, Gak Perlu Jauh-Jauh di Indonesia Juga AdaAlgoritma dan Flowchart Berikut Contoh Soal Lengkap dengan Flowchartnya

KUR TKI adalah bentuk bantuan pembiayaan yang dikhususkan untuk para TKI yang bekerja di luar negeri. KUR TKI dapat digunakan untuk modal awal bagi para TKI untuk bekerja dan mengembangkan usahanya.

Batas maksimal pinjaman untuk jenis KUR ini yaitu Rp25 juta, sedangkan jangka waktu pengembaliannya paling lama 3 tahun setelah dana cair.

Pastikan usaha yang diajukan merupakan yang berpotensi dan berprospektif baik, jangan lupa untuk menyiapkan dokumen sebagai persyaratannya sebagai berikut.

  • UMKMK mengajukan surat permohonan KUR kepada Bank dengan melampiri dokumen seperti legalitas usaha, perizinan usaha, catatan keuangan dan sebagainya.
  • Bank mengevaluasi/analisa kelayakan usaha UMKMK berdasarkan permohonan UMKMK tersebut.
  • Apabila menurut Bank usaha UMKMK layak maka Bank menyetujui permohonan KUR. Keputusan pemberian KUR sepenuhnya merupakan kewenangan Bank.
  • Bank dan UMKMK menandatangani Perjanjian Kredit/Pembiayaan.
  • UMKMK wajib membayar/mengangsur kewajiban pengembalian KUR kepada Bank sampai lunas.
0 Komentar