Pemilu, Adang: Jangan Tergiur Politik Uang

Pemilu, Adang: Jangan Tergiur Politik Uang
Pemilu, Adang: Jangan Tergiur Politik Uang (Istimewa)
0 Komentar

sumedangekspres – Menghadapi tahun politik 2024 Tokoh masyarakat Sumedang, Irjen Pol Purn Drs H Adang Rochjana mewanti-wanti kepada masyarakat, harus berhati-hati dan selektif dalam memilih calon pemimpin.

Jangan sampai tergiur dengan harapan dan sarapan palsu dari para Calon Eksekutif dan Calon Legislatif, hal ini disampaikan kepada Sumeks baru-baru ini.

Menurut H Adang, baik para Calon Legislatif maupun calon Eksekutif dalam menempuh persaingan dengan lawan politiknya, umumnya melalui dua cara, pertama mereka berusaha untuk memberikan harapan dan yang kedua memberikan sarapan.

Baca Juga:Galudra Gelar Milangkala Ke 40Mentoring Class ” Pembinaan Program Kreativitas Mahasiswa & Program Mahasiswa Wirausaha”

“Selain para calon itu memberikan harapan berupa janji-janji, kadang-kadang mereka secara diam-diam dan memberikan sarapan, berupa amplop.

Untuk itu masyarakat jangan tergiur dengan harapan dan sarapan palsu,” ujarnya.

H Adang berpendapat, pertama kalau mereka memberikan sarapan terima aja, kalau memang menurut agama itu benar, tapi kalau menurut agama itu tidak benar maka jangan diterima, karena azas Pemilu itu Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia (Luber) maka masyarakat tidak usah takut.

“Cara mengkajinya ada dua cara, pertama nilai apakah yang dilakukan oleh calon itu mendapat ridho Allah atau tidak kalau dinilai caranya mendapat ridho Alloh berarti itu benar. Kedua rasakan oleh masyarakat, lihat oleh masyarakat, apa manfaatnya dari visi misinya. Jika misinya tidak ada manfaatnya ya jangan dipilih” katanya.

Labih jauh H Adang, mengimbau kepada tokoh-tokoh masyarakat untuk memberikan petunjuk dan arahan kepada masyarakat.

“Sebagaimana sahabat rasul dalam memberikan arahannya itu harus yang bener. Cara mengukur visi dan misinya apakah itu bermanfaat untuk masyarakat atau tidak, jadi tunjukanlah calon yang program visi misinya bener-benar memenuhi untuk kepentingan masyarakat dan kemaslahatan umat,” kata H Adang.

0 Komentar