Syarat wajib membuat surat izin usaha perdagangan

Syarat wajib membuat surat izin usaha perdagangan
Syarat wajib membuat surat izin usaha perdagangan(pinterest)
0 Komentar

11. Materai Rp6.000 Sebanyak 3 Lembar

Prosedur Pengajuan Surat Izin Dagang
Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) bisa Anda lakukan di kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Daerah Tingkat II atau yang setingkat dengan Kabupaten atau Kotamadya Setempat.

Meskipun begitu, jika kota atau kabupaten tempat Anda tinggal sudah dilengkapi dengan unit pelayanan terpadu, Anda bisa langsung memprosesnya di sana termasuk dengan perizinan lainnya. Adapun tahapan pengajuannya sebagai berikut.

1. Pelaku usaha atau pemilik mengurus sendiri melalui kuasa yang dikuasakan ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat terkait mengurus perizinan.

Baca Juga:Usaha prediksi: Kebijakan sebagai langkah awalSurat izin usaha perdagangan: Hal penting sebelum memulai bisnis

2. Berikutnya, Anda bisa langsung mengambil formulir pendaftaran yang tersedia dan mengisi formulir SIUP/PDP bermaterai Rp6.000 yang ditandatangani oleh pelaku usaha.

3. Formulir yang sudah diisi selanjutnya difotokopi sebanyak 2 rangkap

4. Melengkapi persyaratan lainnya yaitu:

Fotokopi akte pendiri usaha atau badan hukum 3 lembar

Fotokopi KTP pendiri usaha 3 lembar

Fokopi NPWP 3 lembar

Fotokopi HO (izin gangguan) 3 lembar

Neraca perusahaan 3 lembar

Gambar denah lokasi tempat usaha

Sebagai informasi tambahan, untuk biaya yang dikenakan dalam pembuatan surat izin dagang bergantung pada kebijakan masing-masing daerah. Oleh karenanya, besar kemungkinan biaya yang dipatok berbeda di tiap daerah.

Contoh Surat Izin Usaha Dagang
Format surat izin usaha dagang bisa berbeda-beda tergantung dari kebijakan masing-masing kota atau kabupaten. Meskipun begitu contoh di bawah ini bisa menjadi gambaran untuk Anda terkait format penulisan surat izin usaha dagang.

Pastikan untuk mengikuti prosedur yang tertera di atas agar proses pembuatan surat izin usaha dagang Anda berjalan dengan lancar.

Terakhir, pastikan untuk selalu mematuhi aturan hukum yang berlaku supaya usaha Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah Syarat wajib membuat surat izin usaha perdagangan. Semoga bermanfaat!

0 Komentar