Tari Topeng Kesenian Jaman Kerajaan

LIHAI: Tari Topeng Sumedang adalah tarian tradisional yang menggunakan topeng sebagai medianya.
LIHAI: Tari Topeng Sumedang adalah tarian tradisional yang menggunakan topeng sebagai medianya.
0 Komentar

Sumedang, Jawa Barat, adalah kota yang terkenal dengan seni pertunjukannya yang khas, yaitu tari topeng dan wayang wong. Tari topeng Sumedang adalah tarian tradisional yang menggunakan topeng sebagai medianya.

Topeng yang digunakan dalam tari topeng Sumedang terbuat dari kayu dan dihiasi dengan cat yang berwarna-warni. Tari topeng Sumedang biasanya menceritakan tentang kisah-kisah rakyat yang bersifat magis dan spiritual.

Wayang wong Sumedang adalah pertunjukan wayang yang menggunakan manusia sebagai pemerannya. Wayang wong Sumedang biasanya menceritakan tentang kisah-kisah dari Mahabharata dan Ramayana.

Baca Juga:Budaya Milangkala Ajang Instrospeksi DesaMasalah Ekonomi Faktor Utama Perceraian

Wayang wong Sumedang biasanya digelar di lapangan terbuka dan disaksikan oleh banyak orang. Tari topeng Sumedang adalah seni pertunjukan yang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Jika berkunjung ke Sumedang, jangan lupa untuk menyaksikan tari topeng Sumedang. Menyukai wayang, maka pasti akan menyukai wayang wong Sumedang.

Tari topeng dan wayang wong Sumedang adalah seni pertunjukan yang sangat penting bagi masyarakat Sumedang. Seni pertunjukan ini telah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan telah menjadi bagian dari budaya masyarakat Sumedang.(bbs)

 

0 Komentar