Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Ingatkan Keterampilan Komunikasi Efektif Menjadi Pendorong Penting Insan Perguruan Tinggi untuk Bisa Unggul

Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Ingatkan Keterampilan Komunikasi Efektif Menjadi Pendorong Penting Insan Perguruan Tinggi untuk Bisa Unggul
0 Komentar

“Insya Allah saya hadir memenuhi undangan Mas Bekti. Sekaligus silaturahim kepada jajarannya yang hadir,” ujar Dr Aqua Dwipayana.

*Kompetensi Utama*
Pria yang sudah memotivasi lebih dari sejuta orang baik di Indonesia maupun puluhan negara itu mengungkapkan keterampilan komunikasi efektif adalah salah satu kompetensi utama yang sangat penting bagi siapa saja untuk bisa sukses di dunia modern yang semakin terhubung dan kompleks.

Menurut Dr Aqua Dwipayana di dunia kerja saat ini, kolaborasi dan bekerja dalam tim adalah hal yang umum. Keterampilan komunikasi yang baik memungkinkan individu untuk berkontribusi dalam tim dengan cara yang produktif, mengungkapkan ide-ide mereka dengan jelas, dan mendengarkan pandangan orang lain dengan baik.

Baca Juga:Resmikan Plant Pertama di Indonesia, Kementerian ESDM: “PLN Miliki Cara Paling Cepat Hasilkan Green HydrogenUlang Tahun ke-8, PT KCIC Resmikan Penjualan Tiket Kereta Cepat Whoosh dari Berbagai Aplikasi dan Hadirkan Promo Tiket

“Semua memiliki potensi untuk menjadi pemimpin di masa depan. Keterampilan komunikasi yang kuat diperlukan untuk memimpin dan memotivasi tim, menginspirasi orang lain, dan mengarahkan visi organisasi. Keterampilan komunikasi yang baik membantu dalam membangun hubungan yang kuat baik dalam konteks profesional maupun pribadi. Ini termasuk kemampuan untuk menjalin koneksi interpersonal, membangun jaringan, dan menjaga hubungan jangka panjang,” ucap penulis buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim tersebut.

Lebih jauh,  pria yang hobi silaturahim itu juga menyoal tentang kemitraan dan kerjasama. Ia mendorong agar kampus dapat menalin kemitraan dengan perusahaan, lembaga pemerintah, dan organisasi lain untuk memfasilitasi penelitian, magang, dan kesempatan kerja bagi mahasiswa. Bentuk jaringan internasional untuk pertukaran mahasiswa, staf, dan penelitian.

“Hal penting lainnya adalah untuk merekrut dan mempertahankan staf akademik berkualitas dan berkomitmen. Berikan pelatihan dan pengembangan yang berkelanjutan. Pilih mahasiswa yang berkualitas tinggi dan beragam. Berikan dukungan finansial dan akademik untuk memastikan kesuksesan mereka,” ucap Dr Aqua Dwipayana.

Selanjutnya, usahakan agar perguruan tinggi mendapatkan akreditasi internasional yang diakui untuk menunjukkan kualitas dan keunggulan institusi. Ikuti proses penilaian kinerja secara berkala.

“Buatlah rencana strategis jangka panjang dan pendek untuk mencapai tujuan perguruan tinggi yang lebih maju. Evaluasi dan perbarui rencana ini secara teratur. Kelola anggaran dengan bijaksana dan transparan. Pastikan dana dialokasikan secara efisien untuk mendukung kegiatan akademik dan penelitian. Buat citra perguruan tinggi yang positif dengan promosi yang kuat dan efektif,” ujar Dr Aqua Dwipayana menguraikan.

0 Komentar