Mirip Dengan Mint, Ini Manfaat Teh Herbal Catnip

Mirip Dengan Mint, Ini Manfaat Teh Herbal Catnip
Mirip Dengan Mint, Ini Manfaat Teh Herbal Catnip (ist/pinterest)
0 Komentar

sumedangekspres – Tanaman Catnip berasal dari Eropa Tengah, namun tanaman ini banyak ditemukan di Kanada dan Amerika Serikat serta beberapa wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Catnip masih satu keluarga dengan mint ini memiliki karakteristik daun berwarna hijau tua, bergerigi pada bagian pinggirnya dan berbentuk oval.

Tanaman catnip sudah banyak digunakan untuk campuran berbagai obat karena mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Baca Juga:Penghargaan Soedirman Awards 2023: Penghargaan Untuk Para Pahlawan Modern!Bergenre Komedi-Romantis: 30 Days, Film Korea Akan Tayang Di Bioskop Indonesia!

Misalnya saja daun dan bunga catnip kering yang bisa diseduh dan dijadikan teh, sehingga bisa digunakan untuk mengatasi insomnia, gangguan kecemasan, dan sakit kepala.

Selain itu, dalam beberapa kasus, akar catnip dapat digunakan untuk stimulasi dan relaksasi.

Mengkonsumsi tanaman catnip dapat bermanfaat untuk mengobati perasaan cemas disertai gejala lain seperti gangguan pencernaan dan insomnia.

Tak hanya itu, ramuan ini juga memiliki efek diuretik, meningkatkan intensitas buang air kecil dan mengurangi retensi air.

Secara historis tanaman catnip dapt mengobati masalah radang sendi, batuk, gatal-gatal, dan demam.

Saat catnip dikeringkan dan digunakan dalam teh, air panas melepaskan beberapa senyawa ini, yang dihirup dan dikonsumsi saat kamu meminumnya.

Meminum teh catnip memiliki manfaat diantaranya:

Mengurangi gugup dan kecemasan 

Nepetalactone dalam catnip dapat mengurangi kegugupan. Meskipun hal tersebut belum cukup penelitian yang menentukan hal tersebut.

Menghilangkan Kolik

Baca Juga:Air Daun Sirih Bisa Mengobati Mata? Mitos Atau Fakta?Aman Untuk Anak, Ini Game Yang Bisa Dicoba!

Kolik merupakan kondisi ketika bayi yang sehat menangis dan disertai dengan rewel yang cukup intens dan berkepanjangan tanpa alasan yang jelas.

Banyak orang yang sering menggunakan teh catnip untuk meredakan sakit perut pada bayi dan membantunya tidur di malam hari.

Beberapa penelitian telah dilakukan mengenai keamanan catnip untuk bayi.

Karena catnip merupakan obat penenang yang dapat menyebabkan muntah pada anak, teh catnip sebaiknya tidak diberikan pada bayi yang menderita kolik.

Kualitas Tidur Lebih Baik 

Catnip dapat membantu untuk merilekskan tubuh sebelum tidur dan dapat meningkatkan istirahat. Sifat menenangkannya berasal dari senyawa asam nepetalactone.

0 Komentar