SMK Informatika Sumedang Optimalkan Keahlian Siswa di P5

KHUSUK: Ratusan siswa tengah melaksanakan kegiatan rutin yaitu sholat Duha berjemaah, yang masuk pada tema P5 Bangunlah Jiwa dan Raga di lapang SMK Informatika Sumedang, baru-baru ini. Istimewa
KHUSUK: Ratusan siswa tengah melaksanakan kegiatan rutin yaitu sholat Duha berjemaah, yang masuk pada tema P5 Bangunlah Jiwa dan Raga di lapang SMK Informatika Sumedang, baru-baru ini. Istimewa
0 Komentar

KOTA– SMK Informatika Sumedang telah menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dari tahun ajaran 2022 – 2023. Hal ini disampaikan Kepala SMK Informatika Sumedang, Dra E Sulyati MPd., melalui Wakasek bagian Kesiswaan Tatang Uryana, MPd., kepada Sumeks baru-baru Ini.

Untuk Tahun ajaran 2023-2024 di SMK Informatika Sumedang IKM diterapkan pada kelas 10 dan kelas 11.

“Dalam peningkatan kompetensi tenaga pengajar (guru) diarahkan menjadi guru penggerak SMK Informatika Sumedang telah melaksanakan pendampingan kepada guru, melalui workshop. Sedang SMK Informatika menjadi sekolah pusat keunggulan dengan salah satu programnya yaitu IKM,” kata Wakasek.

Baca Juga:Kecamatan Sumedang Utara Monitoring Rencana Pembangunan DesaBocoran Sinopsis Terlengkap Film Gampang Cuan

Ia juga menjelaskan, pada program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang sifatnya include dalam kegiatan pembelajaran di SMK Informatika Sumedang sudah dilaksanakan.

“Alhandulillah melihat respon para siswa begitu semangat mengikuti kegiatan P5 ini,” ujar Wakasek.

Tema P5 untuk kelas 10 di SMK Informatika, yaitu Demokrasi, Bina Jiwa dan Raga dan Kebekerjaan.

“Realisasi dari Project P5 tema Demokrasi yaitu pada proses pemilihan ketua OSIS dari awal sampai akhir, yang dalam pelaksanaannya pemilihan OSIS ini di sekolah kami menggunakan perangkatnya IT berbentuk aplikasi. Untuk mencoblosnya tidak manual sebagai bentuk implementasi dari kompetensi para siswa. Dimana aplikasinya dibuat oleh para siswa,” ujarnya.

Kedua, lanjut Wakasek, pada kegiatan P5 tema bangunlah jiwa dan raga, ada program rutin sekolah setiap hari Jumat melaksanakan salat Dhuha berjamaah di lapangan. Ada juga Pekan Olahraga ada perlombaan-perlombaan yang mengarah untuk mengembangkan potensi jasmaniah para siswa.

“Untuk tema P5 Kebekerjaan sekolah kami ada program kegiatan kunjungan industri. Di dalamnya ada implementasi P5 sehingga ada rangkaian-rangkaian proses, yang bukan hanya kunjungan industri, tetapi ada bentuk-bentuk penilaian dalam bentuk format kepada anak. Sehingga setelah kegiatan kunjungan industri tersebut, siswa bisa mengetahui mengenai dunia industri, guna kemampuan siswa akan terukur,” jelasnya,

Sedangkan, lanjut Wakasek untuk Kelas 11 tema P5 yang diangkat yaitu kebekerjaan, dengan mengadakan Job Fair yang dihadiri Bupati Sumedang, bulan lalu.

Baca Juga:Mengupas Sejarah Gunung Rinjani Aesthetic Yang Cantik dan IndahSaat Gunung Merapi Erupsi Sang Legenda Mbah Petruk Muncul

“Sehingga diharapkan para siswa dengan adanya job fair tersebut bisa berinteraksi dengan dunia usaha dan dunia industri. Mengenal bagaimana proses untuk bekerja dan mudah-mudahan ini menjadi bekal siswa nanti ketika sudah keluar agar tahu tatacara untuk melamar, tatacara interview dan komunikasi dan lain sebagainnya,” ucap Wakasek.

0 Komentar